Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peraturan Pensiun PNS Terbaru

Kebanyakan orang ingin menjadi PNS karena mengincar jaminan pensiun yang diberikan. Setiap bulan tetap digaji padahal tidak bekerja. Dan faktanya, pensiun tak hanya diberikan pada pegawai yang telah mencapai batas usia tertentu.

 

Ada juga yang diberikan kepada janda/duda sebagai jaminan hari tua mereka atas istri/suami yang telah berpulang ke pangkuan Tuhan. Akan tetapi, tidak semua PNS bisa dapat dana pensiun. Jaminan ini hanya diberikan kepada PNS yang diberhentikan kerja secara terhormat. Jadi lakukan pekerjaan Anda dengan baik agar tidak kehilangan kesempatan emas ini. Simak lebih lanjut mengenai peraturan-peraturan terbaru mengenai pensiun PNS terbaru berikut ini.

Peraturan Terbaru Pensiun PNS

Pertama, ketahui siapa saja PNS yang berhak mendapatkan dana pensiun.

  1. Adalah PNS yang diberhentikan secara terhormat. Atau berpredikat "diberhentikan dengan terhormat"
  2. PNS telah memiliki masa kerja paling sedikit 10 tahun dengan ketentuan pada saat pemberhentian sekurang-kurangnya telah bekerja selama 5 tahun sebagai PNS

 

Kedua, PNS yang diberhentikan secara terhormat, biasanya berhenti karena telah mencapai BUP (batasan usia pensiun). Lalu bagaimana penentuan BUP pada dunia kerja PNS ini. Setiap profesi yang digeluti PNS punya batasan usia yang berbeda-beda.

  1. Berusia 58 tahun untuk pejabat administrasi, penjabat fungsional ahli pertama, pejabat fungsional ahli muda dan pejabat fungsional keterampilan
  2. Berusia 60 tahun untuk pejabat pimpinan tinggi dan pejabat fungsional madya
  3. Berusia 68 tahun untuk pejabat fungsional ahli utama

 

Ketiga, mengenai besaran dana pensiun yang kita terima. Berapa yang kita dapatkan? Yaitu 75% dari dasar pensiun. Paling srdikit 40% dari dana dasar pensiun.

 

Lalu apa itu dasar pensiun? Yaitu gaji pokok yang diterima pegawai berdasarkan peraturan gaji yang berlaku. Contohnya, jika gaji Anda dulu adalah 5 juta, dan dana pensiun 75%, berarti tiap bulan Abda menerima gaji 3,750 juta. Dan sekurang-kurangnya dapat gaji 2 juta jika mengikuti patokan di atas.

 

Keempat, berikutnya adalah PNS yang meninggal dunia. Apakah menerima dana pensiun juga? Dia mendapatkannya, dan dana pensiun akan diberikan kepada istri atau suami sebesar 36% dari dasar pensiun. Jika dia tidak punya istri atau suami, cuma ada anak, maka dana pensiun diberikan kepada anaknya yang belum berumur 25 tahun dan belum menikah.

Nur
Nur Suka Mempelajari Hal-Hal Baru, dan berbagi informasi

1 komentar untuk "Peraturan Pensiun PNS Terbaru"