-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

2 Cara Mengetahui Lagu Copyright atau Tidak

Bagaimana cara kita bisa mengetahui suatu lagu aman dari copyright? Apakah ada tulisannya, lagu ini copyright dan tidak copyright? Ada dua cara untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan ini:

 

Cara 1: Perhatikan Bagian Deskripsi Suatu Video

 


Lagu yang ada copyrightnya akan memunculkan keterangan ini pada deskripsi video. Contohnya begini:

 

Music in this video

Learn more

Listen ad-free with YouTube Premium

Song: That's on You

Artist: Mazare, Monica Santucci

Album: That's on You

Licensed to YouTube by: bla bla bla

 

Hati-hati, jangan gunakan lagu di dalam video  jika di deskripsinya muncul keterangan tersebut. Jika kekeuh ingin menggunakan lagu tersebut, coba cari versi remix atau instrumen versi fans-nya, biasanya lebih aman. Jangan lupa juga cek bagian deskripsi video buat jaga-jaga.

 

Cara 2: Cari Video yang Bisa diunduh untuk diputar Offline

 

YouTube memiliki fitur mendengarkan video offline, tapi sebelum itu kita harus mengunduh video-video tersebut dengan jaringan internet kita. Fitur ini ditandai dengan tanda panah ke bawah di dekat ikon share.

 Baca Juga : Cara Upload Film di YouTube agar Tidak Terkena Copyright

Tidak semua video di YouTube dapat diunduh dan didengarkan offline. Bisanya yang memiliki copyright tidak menyertakan fitur ini.

 

Jadi cara kedua mengetahui apakah suatu lagu ada copyrightnya, bisa Anda tentukan dari aktif atau tidaknya tombol unduhan ini. Jika aktif, bisa jadi lagu aman dari klaim hak cipta.

 Baca Juga : Cara Meminta Izin Hak Cipta ke YouTube

Kedua cara ini sudah lebih dari cukup mengetahui apakah lagu itu aman ditaruh di dalam video Anda atau bukan. Diharapkan Anda jangan nekat buat tidak menaruh lagu berhak cipta.

 

Cara Menggunakan Lagu Berhak Cipta agar Bebas dari Hak Cipta

 

Apabila Anda ingin sekali memakai lagu 'itu', ada alternatif cara yang dapat Anda tempuh. Misalnya di sini saya ingin menambahkan lagu I Love You So _ The Walters, ke dalam video, sayangnya lagu itu ada copyrightnya. Cara supaya tidak ada cooyrighnya bagaimana?

 

  1. Gunakan versi remix yang beda dengan lagunya. Namun sayangnya cara ini tidak 100% bisa dipakai karena peremix biasanya menyertakan hak cipta juga ke dalam lagunya
  2. Gunakan instrumen atau versi karaoke lagu. Kekurangan cara ini, lagu jadi tidak ada vokalnya, cuma instrumennya saja
Share This Article :
Sepwal

1946457701878001633