-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

3 Langkah Mudah Cara Meminta Izin Hak Cipta ke YouTube

 Permasalahan utama yang dihadapi para YouTuber pemula dan profesional adalah hak cipta. YouTube akan menindak tegas masalah itu dengan memberikan sanksi. Sanksi-sanksi itu seperti video tidak bisa dimonetisasi, video dibatasi agar tidak muncul di negara-negara tertentu, mendpapat surat peringatan dari YouTube, video dihapus dan lain-lain.

 

Agar keluar dari lingkaran permasalahan klaim hak cipta, YouTube memberikan 2 solusi. Pertama, minta izin hak cipta kepada pemilik hak cipta dan pilihan kedua hapus videonya atau biarkan saja alias pasrah. Bagi Anda yang ingin melakukan cara pertama dengan meminta izin hak cipta, berikut adalah caranya.

 

Cara Meminta Izin Hak Cipta ke YouTube

 

Permintaan izin ini sangat kami rekomendasikan dilakukan di awal sebelum Anda merilis video ke publik. Jika Anda meminta izin setelah terkena pelanggaran, itu memberikan kesan buruk seolah-olah, "Pas kena pelanggaran minta izin, tapi pas belum kena gas terus. Gak sopan!"

 

Langkah 1: Hubungi Pemilik Lagu atau Video yang Bercopyright

Cari informasi kontak yang bisa dihubungi. Jika Anda minta izin setelah terkena pelanggaran, YouTube akan mengirimkan kontak email pemilik lagu atau video tersebut.

 

Tapi jika Anda melakukannya sebelum merilis video itu, coba kamu cari sendiri, mandiri, kontak orang tersebut. Bila menyangkut perusahaan besar, sebaiknya Anda kontak lewat email. Yang terpenting orang yang Anda hubungi ini pemilik asli!

 

Langkah 2: Tulis Permintaan Izin Anda di Badan Email

Tulis menggunakan bahasa yang halus baik dan benar, gunakan ejaan Bahasa Indonesia yang tepat. Apabila pihak bersangkutan orang luar negeri, Anda bisa gunakan bantuan Google Translate.

Baca Juga :  Cara Upload Video YouTube Bebas Hak Cipta

Namun pertanyaannya, bagaimana cara menulis permintaan izin copyright ini? Untuk contohnya cobalah Anda cari di Google sendiri dengan kata kunci: "sample email request for copyright".

 

Susunan terbaik menyertakan:

 

     Nama pengirim dan alamat tempat tinggal Anda

     Nama penerima, nama perusahaan dan alamat penerima jika tahu

     Sapaan pembuka

     Isi dan sampaikan maksud serta tujuan

     Penutup

     Permintaan keputusan yang diberikan penerima, apakah diizinkan atau tidak diizinkan

 

Setelah itu tunggu email Anda dibalas oleh pihak terkait.

 Baca Juga : Cara Mengatasi Video YouTube Terkena Hak Cipta

Langkah 3: Simpan Respon dan Izin yang diberikan Pemilik Hak Cipta

Jika Anda diberikan izin, selanjutnya simpan bukti tersebut jangan sampai hilang. Supaya jika suatu hari ada masalah, Anda dapat menunjukkan bukti tersebut bahwa Anda telah mengantongi izin. Tapi jika Anda tidak diterima, maka sebaiknya menyerah saja atau berjuang lagi meminta izin mereka.

 

Mungkin untuk Youtuber besar, izin seperti ini memperoleh kesempatan diterima lebih besar daripada Youtuber kecil. Pokoknya semangat saja, dicoba dulu siapa tahu diberi izin.

 

Share This Article :
Sepwal

1946457701878001633