-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

4 Tips Upload Video YouTube Bebas Hak Cipta

Cara paling aman adalah dengan mengupload video original. Satu tips ini pasti tidak cukup untuk Anda, Anda butuh pengetahuan lebih lagi soal hak cipta di YouTube.

Untuk itu, coba baca beberapa tips upload video YouTube bebas hak cipta lainnya di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Cara Upload Video YouTube Bebas Hak Cipta


1. Menghindari Memasukkan Video, Foto atau Visual Milik Orang Lain

Saya pernah upload foto anime di YouTube, dan itu terkena klaim hak cipta. Lebih baik mengupload hal-hal yang secara original menjadi milik Anda, atau upload visual yang tidak memiliki hak cipta. Misalnya game, tampilan visual mereka tidak berhak cipta. 100% aman.

2. Jika Ingin Upload Video Orang Lain, Cari Video yang Berlisensi Creative Commons

Video orang yang berlisensi Creative Commons, biasanya aman apabila kita ambil sedikit klip-klip videonya. Tapi tetap jangan berlebihan dalam mengambilnya.


Adapun cara mencari video berlisensi Creative Commons adalah sebagai berikut:


  • Buka YouTube lalu masukkan keyword yang berkaitan dengan video yang Anda cari di mesin pencari
  • Lalu klik 'Filters'
  • Pilih 'Creative Commons'

Semua video yang muncul nantinya adalah video-video yang berlisensi Creative Commons.


3. Menggunakan Backsound Bebas Hak Cipta

Apabila Anda tertarik memasukkan audio ke dalam video, cobalah cari di YouTube musik-musik no copyright. Pencarian tersebut mengantarkan Anda pada lagu-lagu yang aman dipakai tanpa khawatir terkena copyright. Selanjutnya Anda unduh saja lagu tersebut, lalu sematkan ke dalam video Anda.


4. Apakah Memasukkan Suara Robot ke dalam Video Bisa Kena Copyright

Suara robot yang saya maksud suara Google, atau suara robot yang saat ini banyak orang gunakan buat pengganti pengisi suara manusia. Apakah suara-suara atau sebutan istilahnya sound of text aman digunakan?

Sejauh yang saya ketahui, ini aman-aman saja. Banyak YouTuber besar menggunakan cara ini, mereka tidak mengalami masalah apa-apa, tidak terkena copyright dan bisa menghasilkan dollar tanpa kendala.


Itulah beberapa tips upload video YouTube bebas hak cipta. Bermainlah seaman mungkin, karena kalau kita terkena pelanggaran hak cipta, resikonya sangat buruk buat channel. 


Bila Anda ini tipe orang yang upload video dengan musik-musik copyright, video film, dan reuploader, lebih baik menggunakan fitur YouTube Short. 

 sana lebih lunak terkait permasalahan hak cipta, akan tetapi Anda harus tetap mengikuti ketentuan yang berlaku dengan benar.


Share This Article :
Sepwal

1946457701878001633