-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Upload Film di YouTube agar Tidak Terkena Copyright

Anda ingin upload film dengan durasi berjam-jam atau puluhan menit dengan harapan tidak kena copyright? Adakah caranya? Tidak ada. 100% tidak ada dan 100% terkena copyright. Kecuali kamu telah mengantongi izin, seperti yang terjadi pada Muse Indonesia.

 

Akan tetapi, bila Anda cuma ingin mengupload klip-klip suatu film, seperti yang dilakukan oleh channel Ace Movie atau IQ7 (channel review film), maka bisa saya katakan ada caranya untuk menghindari copyright tersebut. Bagaimana?

 

Cara Upload Film di YouTube agar Tidak Terkena Copyright

 

  1. Upload Video Durasi Minimal 10-15 Detik

Durasi ini adalah batas penggunaan wajar kita mengupload video milik orang lain. Supaya videonya panjang, Anda tinggal mencomot film-film lainnya, ambil 10 detik mereka lalu satukan klip-klip tersebut hingga akhirnya menjadi video dengan durasi panjang. Jangan lupa tambahkan suara berisi ulasan film bersangkutan agar video semakin layak dinikmati.

 

  1. Tips Upload Film Durasi Lebih dari 1 Menit yang Aman dari Copyright

Tidak 100% aman, paling sekitar 50% saja. Sisanya tinggal untung-untungan apakah YouTube menyadarinya atau tidak.

 

Caranya dengan mengedit video tersebut sampai berbeda dengan versi aslinya. Misalnya dengan mengubah warna video, ukuran video dan tambahkan suara Anda seperti sedang mengulas sesuatu, agar bagian audio tidak terkena hak cipta juga. Tindakan seperti ini 70% boleh dilakukan, 30% masih terkena copyright. Paling aman itu durasi 10-15 detik tadi.

 

  1. Matikan Audio dari Film yang Anda Upload

Cara upload film agar tidak kena copyright berikutnya adalah dengan mematikan audio asli dari film tersebut. YouTube lebih cepat dalam menangkap copyright audio daripada visual. Jika melihat apa yang dilakukan Youtuber selama ini, mereka sangat berhati-hati dengan audio tapi biasa saja dengan visual.

 

Bagaimana Jika Film yang Saya Upload Masih Terkena Copyright?

 Yang terjadi nanti video tersebut tidak bisa dimonetisasi. Masalah yang lebih besar lagi, video dihapus dan Anda mendapatkan peringatan dari YouTube.

 Paling enak jika cuma kena dolar kuning, video masih tetap ada tapi tidak bisa dimonetisasi. Kita tetap dapat keuntungan berupa mendapatkan viewers. Viewers mendatangkan subscribe baru. Apalagi jika ternyata viewersnya banyak. Biasanya kalau viewers banyak penghasilan Adsense dialihkan ke pemilik copyright film tersebut.

 

 

Share This Article :
Sepwal

1946457701878001633