-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

4 Cara Mengatasi Video YouTube Terkena Hak Cipta

Sebelum mencari tahu cara mengatasi masalah hak cipta ini, tahukah kalian apa saja konten yang bisa terkena hak cipta jika diupload di YouTube ataupun platform milik Google lainnya?

 

Sebenarnya ada banyak, hal ini meliputi:

  1. Karya audio visual: acara TV, film atau video online
  2. Video game dan perangkat lunak komputer (tidak semua)
  3. Rekaman suara atau musik
  4. Karya drama: seperti rekaman drama musikal
  5. Karya tulis: artikel, buku, kuliah dan komposisi musik
  6. Karya visual: poster, lukisan, gambar atau klaim

 

Jika ada salah satu atau beberapa copyright di atas ada di video Anda, mau tidak mau Anda akan langsung terkena masalah hak cipta oleh YouTube.

 

Cara mengatasi agar tidak terkena masalah hak cipta atau copyright, hanya 1. Yaitu, dengan membuat video semurni mungkin. Gunakan bahan-bahan video Anda sendiri, jangan memakai konten atau bahan orang lain.

 

Tapi bagaimana jika kita sudah terlanjur mengupload video dan sekarang kita terkena pelanggaran copyright? Apa yang harus kita lakukan?

 

4 Cara Mengatasi Video yang Terkena Copyright

 

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika sudah terlanjur terkena copyright:

 

  1. Mengakui Klaim : pada pilihan ini, Anda disuruh pasrah, mengakui bahwa "Iya, Saya melakukan pelanggaran hak cipta".  Kita tidak perlu melakukan apa-apa, dan efeknya video kita tak bisa dimonetisasi lagi.
  2. Membuang Musik atau Suara : di pilihan ini, kita diberikan tool khusus oleh YouTube untuk menghapus bagian suara pada video tanpa perlu repot-repot upload ulang. Dengan cara ini, pada durasi tertentu video kita, suara akan hilang atau dibisukan.
  3. Menukar Musik atau Suara : jika Anda tidak suka video Anda menjadi bisu dalam durasi tertentu, kita bisa mengubahnya dengan musik/lagu yang YouTube sediakan yang bebas akan copyright. Dengan musik tersebut, kita bisa mengisi bagian yang kosong dengan musik baru
  4. Menyengketakan Klaim : ini adalah pilihan dimana Anda tidak merasa sudah melakukan copyright video. Untuk mempersengketakan masalah ini, Anda harus memiliki izin atas konten yang terkena copyright.

 

Supaya memperoleh izin, kita bisa menghubungi langsung si pemilik konten asli tersebut.

 

Share This Article :
Adelia

1946457701878001633