-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Mudah Mengajar Membaca untuk Anak Kelas 1

Cara Mudah Mengajar Membaca untuk Anak Kelas 1 - Banyak metode yang bisa diterapkan untuk mengetahui cara mengajar membaca anak kelas 1. Secara umum, anak kelas 1 harus mendapatkan perlakuan istimewa dalam pembalajaran, mengingat mereka baru kali pertama merasakan dunia sekolah dasar.

Sebagai pendidik, Anda diwajibkan untuk mengetahui cara mengajar membaca anak kelas 1. Membaca adalah pembelajaran paling fundamental untuk siswa awal sekolah dasar.

Hal ini disebabkan karena untuk materi pembelajaran ke depan, siswa diharuskan untuk menguasai kemampuan membaca yang baik agar dapat menerima hasil pembelajaran secara maksimal.
Cara Mudah Mengajar Membaca untuk Anak Kelas 1

Hal paling mendasar yang bisa Anda lakukan untuk mengajari anak kelas 1 membaca adalah mengenalkan anak dengan 26 huruf alfabet. Namun, kami sangat merekomondasikan agar Anda tidak menyuruh siswa tersebut memahaminya dengan konsep menghafal.

Baca Juga : Ayo Terapkan Model Pembelajaran Make a Match

Menghafal adalah konsep yang tidak efektif untuk melatih kemampuan analitis siswa. Dengan menghafal, siswa hanya mengetahui bentuk mau pun objek huruf tersebut secara abstrak. Padahal, kelas 1 merupakan bentuk transisi siswa dari taman kanak-kanak. Anda harus dapat memberikan pengajaran yang efektif dan efisien dengan keadaan siswa sedemikian rupa.

Hal terbaik untuk mengenalkan siswa dengan alfabet adalah memberikan objektifikasi di setiap huruf dalam alfabet dengan benda atau hal-hal di sekitar siswa. Misalnya, Anda dapat menyimbolkan huruf “A” dengan apel, “B” dengan bayam, dan lain sebagainya.

Hal tersebut, selain dapat mengenalkan siswa dengan berbagai huruf, juga dapat melatih kemampuan imajinasi siswa. Imajinasi adalah hal baik apabila Anda sebagai pendidik dapat menggunakannya sebagai salah satu metode belajar, terlebih untuk anak kelas 1 sekolah dasar.

Baca Juga : Menerapkan Model Pembelajaran Jigsaw Efektif dalam Masa Pandemi

Selain itu, Anda dapat mengenalkan berbagai macam hal di sekitar siswa, entah itu di lingkungan rumah mau pun sekolah. Anda bisa menyuruh siswa untuk mengeja tiap huruf dalam kata yang dipilih oleh siswa. Perlahan namun pasti, siswa akan terbiasa dengan alfabet dan dapat mengaplikasikannya saat membaca buku dan lain-lain.

Dari beberapa hal di atas, cara mengajar membaca anak kelas 1 yang paling utama adalah memahamkan anak, bukan hanya menyuruh menghafalnya. Dengan pemahaman, maka anak dapat menerima dengan mudah pembelajaran yang diberikan. Selamat mencoba!
Share This Article :
Nur

Suka Mempelajari Hal-Hal Baru, dan berbagi informasi

Click here for comments 3 Comments:

  1. semoga ga sekedar bisa membaca ya anak2 tetapi juga gemar membaca, aamiin

    BalasHapus
  2. Wah cara ngajarin membacanya itu pakai buah atau sayuran gitu ya kak, mungkin dengan gambar hurufnya lebih cepat masuk ya cara mengajarinya.

    BalasHapus
  3. Setuju banget nih mengajarkan anak-anak menggunakan daya imajinasinya juga. Seperti A for apple... B for book

    BalasHapus
1946457701878001633