-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Pentingkah Update Software Android? Ini lah Keuntungan dan Kerugiannya

Katanya, update software Android itu perlu dan wajib. Karena dengan begitu, kita bisa mengatasi masalah-masalah error, meningkatkan keamanan, muncul fitur-fitur terbaru dan lain sebagainya.

Update OS itu perlu.
Begitu katanya. Bahkan untuk perangkat yang baik-baik saja pun harus perlu mengupdate OS mereka.


Tapi sayangnya, setelah Saya cari di beberapa penjelasan di internet mengenai pentingnya update sistem operasi Android, mereka hanya menyertakan kelebihan saja, dan tidak menyertakan kekurangan apa saja yang kita dapatkan saat update OS nanti.

Kekurangan Update OS Android

Banyak kasus mengalami ini, tak hanya dirasakan oleh Android, juga software lain seperti Microsoft, IOS, Google dan software lainnya.
Sebaiknya Anda baca dulu kekurangan ini sebelum memutuskan mengupdate sistem operasi Anda.

BACA JUGA : 9 Kebiasaan Menggunakan Ponsel yang Sebaiknya Harus dihindari

1. Memakan banyak memori
Hal ini pernah terjadi pada kasus update Android 5.0 Lolipop ke Android 6.0 Marshmallow pada Samsung Galaxy Tab S2. Setelah sistem diupdate, mereka memakan ruang memori sebanyak 3GB. Jumlah yang cukup besar, jika digunakan untuk menyimpan foto pasti muat ratusan.

Selain Android, ada juga kasus lain yang terjadi pada update Microsoft Surface Pro 3 dari Windows 8.1 ke Windows 10. Setelah diupgrade, mereka memakan ruang sampai 30GB.

2. Baterai menjadi cepat habis
Peristiwa ini seperti yang dialami Google Nexus 6P setelah mengupdate sistem androidnya dari Android Marshmallow menjadi Android Nougat. Waktu browsingnya menjadi berkurang, yang awalnya tersedia waktu sampai 716 menit, setelah diupdate malah tersisa 664 menit.

IPhone 6 yang mengupgrade sistem operasinya dari iOS 8 ke iOS 10 pun mengalami hal yang sama. Daya tahan baterai berkurang. Yang awalnya bisa bertahan 702 menit cuma bisa bertahan 664 menit saja.

Baca Juga : Cara Mengatasi Download Tertunda Di Google Playstore

Perusahaan hanya memberi tahu keuntungan dari update software saja, mereka tak memberi tahu ada dampak apa yang menunggu.

Kelebihan Update Software Android
Kalau Anda merasa kekurangan di atas tidak masalah untuk kalian, berikut ini adalah beberapa kelebihan yang Anda dapatkan.

1. Sistem menjadi semakin aman
Saat ponsel Anda sistemnya diperbaruai, ia akan memperoleh pembaruan security juga yang pada intinya bisa membuat ponsel menjadi lebih aman dari malware atau virus berbahaya lainnya. Sebab PlayProtect saja tidaklah cukup untuk melindungi aplikasi-aplikasi Anda.

2. Muncul banyak fitur baru
Fitur-fitur baru banyak yang bermunculan. Sebelum Anda mengupgrade sistem, di sana akan muncul keterangan apa saja yang diperbarui. Tiap HP pembaruan sistemnya tentu berbeda, tergantung merk.

Baca Juga : kelebihan Android dibanding sistem operasi lain

Di antara beberapa fitur itu contohnya mungkin adalah memperbarui kualitas kamera, tombol, gerak layar, widget, dan lain-lain.

3. Error hilang
Update OS layaknya update aplikasi. Seperti saat kalian merasakan aplikasi banyak yang error lalu setelah diupdate baik-baik saja.
Itu lah yang akan terjadi jika kalian mengupdate operasi sistem Android maupun sistem yang lain.

4. Tampilan menjadi lebih nyaman
Sebab nantinya akan ada yang baru pada tampilan ponsel Anda. Menu notifikasi akan berubah, ikon, dan layar utama.

Tampilan pun lebih segar, serta efek lainnya membuat Anda lebih nyaman.
Dari kelebihan dan kekurangan itu, bisa kita lihat bahwa banyak kelebihan yang kita dapat. Semuanya tergantung pada Anda sendiri.

Namun untuk Saya sendiri, selagi ponsel belum benar-benar error, operasi sistem ini tak akan Saya upgrade karena mengingat kekurangan atau kerugian tadi yang cukup memberatkan bagi Saya dibanding kelebihannya.
Share This Article :
sepwal

Suka Mempelajari hal baru, menulis, dan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan Dunia Teknologi

1946457701878001633