-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

4 Jenis Penipuan yang Ada di Instagram

Sepwal.net - Bukan berarti di media sosial lain seperti Facebook dan Twitter tidak ada penipuan. Hanya saja, Instagram kini banyak digunakan sebagai kegiatan jual beli paling banyak dibanding yang lain. Maka dari itu Anda harus hati-hati dan kenalilah apa saja jenis penipuan di Instagram berikut ini.

Jenis Penipuan di Instagram yang Harus Anda Tahu
4 Jenis Penipuan yang Ada di Instagram

1. Pesan yang Mengatasnamakan Instagram
Biasanya, pelaku akan mengirimkan pesan pemberitahuan bahwa akun Anda telah dihack oleh orang lain dan meminta Anda untuk mengeklik link yang mana Anda disuruh untuk memasukkan informasi login Anda. Seperti username dan password.

Hal ini harus Anda hindari, sebab Instagram yang asli tidak pernah meminta Anda untuk melakukan ini.

2. Olshop Palsu
Berhati-hatilah dengan akun sosial media yang menjual barang-barang yang seharusnya mahal, tapi dijual dengan harga murah tanpa alasan yang jelas.

Baca Juga : 7 Ide Bisnis Online Tanpa Modal

Tipe penipuannya adalah Anda akan disuruh transfer dengan nominal sekian, lalu disuruh transfer lagi dengan dalih ada sesuatu yang menghambat, dan terus seperti itu sampai Anda sadar bahwa barang belum jua sampai tapi Anda sudah transfer jutaan uang ke penipu tersebut.

3. GiveAway Palsu
Memang Anda tak rugi uang di sini, tapi Anda rugi usaha dan harapan. Beberapa GiveAway ada yang berdalih penipuan, mereka menyuruh untuk follow akun ini dan itu, tag beberapa akun dan lain sebagainya dengan tawaran Anda akan memenangkan hadiah acak dari berbagai pengguna yang berpartisipasi.

Kesempatan untuk menang sangat kecil sekali, dan kesempatan bagi si penyelenggara GiveAway sangat lebar sekali untuk membuat seolah-olah mereka memiliki pemenang padahal tidak ada yang menang.

Baca : Cara Membuka Blokir Instagram

Berhati-hatilah dengan GiveAway yang tidak pernah mengekspose siapa pemenangnya. Bisa jadi mereka cuma follower, promosi dan like gratis dari Anda.

4. Akun Brand Palsu
Dalam penipuan ini, mereka mengaku sebagai pemilik brand ternama tersebut. Kemudian mereka menjual brand tersebut dengan harga yang lebih murah dari yang asli.

Penipuan ini biasanya menyerang merk-merk ternama seperti Gucci, Louis Vuitton dan brand lainnya.

Soal follower memang bisa diakali, tapi tidak untuk centang biru. Berhati-hatilah dengan akun brand ternama yang tidak memiliki centang biru.
Share This Article :
sepwal

Suka Mempelajari hal baru, menulis, dan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan Dunia Teknologi

1946457701878001633