Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Mengatasi Printer yang Tidak Terdeteksi Komputer

Printer menjadi perangkat penting yang bersandingan dengan komputer saat ini. Pasalnya, kehadiran printer dapat membantu proses cetak mencetak dengan mudah. Namun Anda juga perlu mengetahui cara mengatasi printer yang tidak terdeteksi apabila tiba-tiba kendala tersebut muncul ketika Anda ingin melakukan pencetakan dokumen.

Cara Mengatasi Printer yang Tidak Terdeteksi Komputer

Ada beberapa penyebab printer tidak terdeteksi diantaranya koneksi yang kurang baik, driver yang bermasalah, atau trouble pada sistem operasi komputer. Berikut ini cara mengatasi printer yang tidak terdeteksi komputer yang dapat dilakukan dengan mudah.

1. Lakukan Pengecekan Koneksi Printer

Pertama kali yang dapat Anda lakukan adalah mengecek koneksi printer dengan komputer atau laptop Anda. Pastikan kabel terhubung dengan benar dan tidak terdapat masalah pada kabel seperti kabel putus atau rusak.

Apabila printer terkoneksi ke perangkat secara nirkabel, maka pastikan jaringan koneksinya lancar dan stabil. Setelah koneksi stabil, maka Anda dapat mencoba kembali untuk melakukan pencetakan dokumen.

2. Lakukan Pengecakan Status Ketersediaan Printer

Cek status printer apakah sudah menyala dan sudah siap untuk digunakan. Cek juga apakah muncul pesan kesalahan pada layar monitor yang menyebabkan printer tidak terkoneksi. Jika ada, maka segera perbaiki sesuai instruksi yang tertera pada layar komputer.

3. Lakukan Pengecekan Driver Printer

Apabila tidak ditemukan masalah pada koneksi dan status printer, maka bisa jadi permasalahan terdapat pada driver printer. Driver printer bisa jadi sudah rusak atau tidak terinstall dengan benar. Periksalah driver printer pada laptop Anda untuk memperbaikinya.

  • Klik Start, cari menu Devices and Printers pada kolom pencarian
  • Klik kanan pada  Printer yang digunakan kemudian pilih Properties
  • Klik pada tab Hadware, kemudian klik Properties
  • Di bawah tab General, periksalah apakah driver printer sudah terinstall dengan benar atau belum
  • Jika driver tidak terinstall dengan benar, maka klik Update Driver dan ikuti petunjuk untuk memperbarui driver printer.

4. Lakukan Pengecekan pada Sistem Komputer/Laptop

Sistem perangkat laptop yang bermasalah juga bisa memengaruhi permasalahan sambungan printer. Anda dapat mengecek sambungannya dengan cara berikut ini :

  • Klik Start, pilih Run, ketik service.msc
  • Cari menu Print Spooler kemudian klik kanan dan klik properties
  • Di bagian menu Start Up Type, klik pilhan Automatic kemudian klik Start

Jika belum berhasil juga, maka cobalah untuk merestart dan mencabut kemudian memasang ulang kabel printer ke perangkat komputer atau laptop.

5. Restart Komputer/Laptop dan Printer

Jika ketiga langkah di atas sudah dilakukan namun tidak ada hasilnya, maka Anda bisa mencoba untuk melakukan restart komputer/laptop Anda dan juga restart printer. Beberapa permasalahan kecil pada perangkat biasanya dapat diatasi oleh cara restart.

6. Menginstall Ulang Driver Printer

Apabila dengan merestart tidak berhasil juga, maka langkah terakhir adalah menginstall ulang driver printer pada perangkat komputer atau laptop Anda. Berikut ini petunjuk menginstall ulang driver printer pada perangkat laptop atau komputer :

  • Buka menu Device Manager di laptop Anda
  • Cari printer pada daftar perangkat yang terhubung
  • Klik kanan pada printer yang Anda pilih kemudian lakukan uninstall
  • Hapus driver printer dari perangkat laptop Anda
  • Download driver printer versi terbaru dari situs resmi web produsen printer
  • Ikuti petunjuk install yang tertera di layar untuk menginstall driver printer yang baru

Itulah beberapa cara mengatasi printer yang tidak terdeteksi komputer atau laptop. Anda bisa mempraktikkannya tahap demi tahap hingga menemukan solusi dari permasalahan perangkat yang dihadapi. Jika Anda kurang yakin, Anda dapat melibatkan teknisi yang lebih paham.

Posting Komentar untuk " 6 Cara Mengatasi Printer yang Tidak Terdeteksi Komputer"