Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mencegah Komputer Dari Serangan Malware Efektif dan Mudah

Malware merupakan salah satu software berbahaya yang berpotensi mengancam keamanan data privasi Anda. Malware dapat menyerang sebuah sistem seperti website, hosting, bahkan domain. Oleh karena itu, pentingnya mengetahui cara mencegah komputer dari serangan malware.

Ada beberapa jenis malware yang biasanya masuk ke dalam sistem seperti spyware, adware, virus, dan ransomware. Malware yang menyerang sistem tersebut akan merusak komputer Anda bahkan mengambil beberapa data pribadi.

Cara Mencegah Komputer Dari Serangan Malware

Komputer yang terkena serangan malware biasanya ditandai dengan penurunan performa, pesan eror yang tiba-tiba muncul, atau perubahan tampilan pada layar desktop. Berikut ini cara mencegah komputer dari serangan malware yang ampuh dilakukan :

1. Melakukan Pemindaian Virus

Cara mencegah komputer dari serangan malware pertama yang dapat dilakukan adalah mendaftarkan website, hosting, atau domain ke situs Webmasters. Webmasters dapat berfungsi untuk mengecek keamanan sistem secara menyeluruh.

Fitur Malware Diagnostic juga dapat digunakan apabila website Anda diblokir oleh pihak google. Atau Anda juga bisa melakukan pemindaian virus dengan aplikasi bawaan serta memasang program antivirus pada komputer yang sering digunakan.

2. Gunakan Firewall

Firewall ialah perangkat yang digunakan untuk membantu memonitor atau mengatur traffic internet yang masuk dan keluar pada komputer. Firewall direkomendasikan untuk digunakan karena efektif dalam mengatasi serangan malware pada komputer.

3. Hindari Klik Link yang Tidak Jelas

Jangan sekali-kali Anda mencoba klik link tautan yang diterima pada email masuk Anda apabila tidak diketahui dengan jelas asal-usulnya. Sebab malware sering sekali dikirim melalui lampiran email masuk dan seolah-olah tampilannya seperti meyakinkan.

Selain tautan link, Anda juga harus berhati-hati saat mengunduh file dari situs yang tidak dikenal. Malware sering tersembunyi pada file yang diunduh. Pastikan Anda mendapatkan file dari website resmi dan terpercaya.

4. Update Operasi Sistem Secara Berkala

Lakukan pengecekan secara rutin pada operasi sistem perangkat komputer Anda. Update komponen ke dalam versi terbaru yang diterapkan oleh server. Biasanya malware rentan masuk ke perangkat yang belum mendapatkan pembaruan sistem.


5. Periksa Program yang Mencurigakan

Walaupun sudah dilakukan pemindaian, pastikan komputer Anda tidak memiliki program yang berjalan sendiri dan tidak dikenali. Tanpa disadari, saat mengunduh file ada beberapa program yang ikut terunduh pada komputer.

Bukalah program tersebut dan segera hapus dari perangkat. Buka menu Settings pada perangkat, klik Apps, kemudian klik uninstall pada program yang tidak dikenali. Dengan menghapus program yang tidak dikenal, dapat membantu mencegah komputer terserang malware.

6. Lakukan Back Up Data 

Memback up data sangat penting dilakukan agar apabila perangkat Anda terserang oleh malware, setidaknya data-data penting sudah terselamatkan. Anda dapat menggunakan mendia penyimpanan eksternal sebagai tambahan untuk memback up data.

Jika sistem pada perangkat sudah terinfeksi malware, maka kemungkinan besar komputer harus dilakukan install ulang sehingga Anda harus kehilangan seluruh data dalam perangkat. Oleh karena itu lakukan back up data secara teratur agar menghindari resiko saat terkena malware.

7. Hati-Hati Menggunakan Wifi Publik

Meskipun menguntungkan, namun menggunakan wifi public sebaiknya dihindari. Sebab, wifi public sering kali tidak dilengkapi dengan keamanan yang baik sehingga dapat menjadi sarana penyebaran malware. Lebih baik gunakan wifi pada jaringan pribadi untuk menghindari serangan malware pada komputer Anda.

Demikian cara mencegah komputer dari serangan malware yang dapat Anda terapkan untuk menjaga keamanan sistem perangkat. Jika dirasa komputer sudah terserang malware segera lakukan tindakan untuk membersihkan dan menghapus malware. 

Posting Komentar untuk "7 Cara Mencegah Komputer Dari Serangan Malware Efektif dan Mudah"