Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trend SEO 2023: Ketahui agar Blog Anda Semakin Melejit

Google selalu memperbarui algoritmanya. Peraturan semakin ketat. Sering ditemui para blogger berjatuhan akibat algoritma baru yang diterapkan tidak sesuai dengan website mereka hingga membuat artikel yang dipost jatuh ke halaman terdalam.

Mau tidak mau, kita harus menyesuaikan peraturan yang diberlakukan. Tidak ada lagi spam keyword, jangan terlalu mengulang kata atau kalimat yang sama agar tidak terindikasi spam, penerapan backlink yang benar dan lain sebagainya.

Trend SEO 2023, Apa Saja?

Menurut penelitian dan perkiraan, inilah yang akan terjadi pada search engine kesayangan kita… Google. Berikut adalah trend SEO yang dapat Anda mulai persiapkan dari sekarang.

 

1. Pengindeksan Memprioritaskan Seluler
Artinya, Google akan mengindeks situs berdasarkan versi seluler. Jadi di blog ada dua versi tampilan, bukan? Versi seluler dan desktop. Tahun depan mereka akan lebih dan lebih memprioritaskan situs versi seluler.

Hal ini disebabkan oleh pencarian sekarang didominasi oleh pengguna yang menggunakan ponsel. Tercatat ada sebanyak 60% dari 100%. Lebih banyak 10%.

 

2. Pencarian Lewat Suara
ComScore pernah memperkirakan di tahun 2020, sebanyak 50% dari total pencarian akan dilakukan melalui suara. Jika memang begitu faktanya, apa yang harus dilakukan agar situs kita tetap unggul?

Pastikan situs Anda sudah dioptimalkan ke pencarian suara, dengan cara Anda dapat fokus ke kata kunci berekor panjang. Kalau orang mencari artikel lewat kata-kata, mereka mengetik sesingkat mungkin. Berbeda jika pencarian suara yang akan cenderung menjelaskan detail, dan menyebut keyword yang panjang.

 

3. Fitur Google Berupa Cuplikan Unggulan
Pernahkah Anda mencari suatu topik di Google, lalu ketemu jawabannya tanpa harus repot-repot membuka artikel tersebut. Dikarenakan ada cuplikan yang membuat pembaca langsung menemukan masalah yang mereka cari. Itu dirancang supaya pembaca menemukan informasi dengan cepat.

 

Jika Anda ingin situs menampilkan cuplikan unggulan seperti ini, Anda harus berusaha supaya informasi sangat informatif, dan fokus pada kata kunci berekor panjang.

 

Strategi SEO suka berubah-ubah. Tahun ini bisa saja berhasil, lalu mungkin tidak akan berhasil tahun depan. Pastikan selalu update, pelajari juga algoritma Google agar artikel-artikel Anda tidak turun.

1 komentar untuk "Trend SEO 2023: Ketahui agar Blog Anda Semakin Melejit"

  1. Sangat. Membatu ulasannya. Semoga sy bisa lebih meningkatkan performa blogsaya juga,terutama ttg seo google.

    BalasHapus