Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Upload Video Shorts dengan SEO Biar Ramai

Tahukah kalian dengan cara kerja FYP di TikTok? Video semakin direkomendasikan penonton apabila jumlah like, komentar, share dan salin link video bertambah banyak. Sistem ini tak jauh berbeda dengan video Shorts di YouTube.

 


Pentingnya Video Shorts Menggunakan SEO

Video akan semakin direkomendasikan, apabila penontonnya banyak, jumlah like banyak, share, komentar dan jumlah waktu tonton yang bagus di mata mereka. Apabila sebuah video mencapai nilai-nilai itu, video akan direkomendasikan lagi dan lagi kepada penonton. Singkatnya, video akan mendapatkan banyak viewers, dan Anda memperoleh gaji dari YouTube Shorts dengan cepat karena memperoleh viewers minimal 10 juta sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

Lalu apa hubungannya dengan SEO (Search Engine Optimization)? Istilah yang sering digunakan pada blog ini sebenarnya tak kalah penting dalam dunia video atau YouTube. Video juga butuh SEO, yang gunanya nanti untuk membuat video mudah ditemukan oleh pengguna. Ketika seseorang mencari suatu kata kunci, mereka akan mudah bertemu dengan video Anda yang mengandung kata kunci tersebut.

 

Bagus jika video Anda memang menarik dan langsung menarik minat penonton yang membuat penonton lain berdatangan. Tapi ada kalanya video kita sulit ditemukan, atau sulit memperoleh penonton yang satu hobi dengan topik yang dibawakan.

 

Intinya, upload video Shorts dengan SEO, akan membuat video memperoleh penonton yang tepat sesuai dengan minat, dan membuat video kita mudah ditemukan orang lain yang sedang mencari. Sehingga endingnya, video kita memiliki banyak penonton.

 

Cara Upload Video Shorts Menggunakan SEO

Tidak banyak yang bisa dilakukan, karena Shorts itu video, sementara SEO lebih mengarah kepada tulisan. Hanya ada 2 cara meningkatkan SEO video Shorts. Yaitu dari penulisan judul dan pemberian hastag.

 

Dua hal ini dapat membuat video kita mudah ditemukan. Berikut adalah caranya:

 

  1. Tulis judul dengan keyword yang sesuai dengan video Anda. Coba riset keyword dulu, lalu jadikan keyword itu sebagai judul
  2. Tambahkan hastag di belakang judul. Wajib tuliskan hastag shorts (#shorts), lalu tambahkan hastag lain yang sesuai dengan video Anda
  3. Tambahkan hastag di bagian deskripsi

 

Ada satu tambahan cara lagi agar video Shorts lebih menjangkau banyak penonton. Yaitu dengan menggunakan audio populer. Tambahkan audio legal yang disediakan YouTube. Apabila video tidak menggunakan suara musik, Anda tidak perlu menambahkan audio. Tapi jika menggunakan lagu, tambahkan audio yang YouTube sediakan agar lebih banyak menjangkau penonton dan tidak terkena hak cipta.

 

Posting Komentar untuk "Cara Upload Video Shorts dengan SEO Biar Ramai"