-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

3 Cara Convert Video YouTube ke Teks, Gratis!

YouTube memiliki fitur baru bernama transkrip video. Yaitu sebuah fitur dimana video secara otomatis diubah menjadi teks. Ada pengguna yang memberikan subtitle dan itu bisa menjadi transkrip video, dan ada juga yang tidak memberikan subtitle tapi dibuatkan sendiri oleh YouTube.

 

Dengan transkrip video YouTube, Anda dapat mengubah video menjadi teks tanpa repot mencatatnya manual. Bagi Anda yang ingin convert video YouTube ke teks, berikut adalah caranya.

Cara Convert Video YouTube ke Teks

 


Cara 1: Lewat Situs YouTube

Tidak bisa jika dilakukan lewat aplikasi. Karena nanti Anda tidak akan bisa menyalinnya. Jadi pertama-tama, buka Google Chrome dahulu, lalu buka situs YouTube. Jika Anda membukanya lewat HP, ubah dulu browser Anda menjadi tampilan desktop.

 

  1. Untuk mengubah tampilan menjadi desktop, silakan klik titik tiga di pojok kanan
  2. Centang bagian 'Situs Desktop'
  3. Lalu tampilannya akan berubah. Perhatikan titik tiga di samping ikon like, dislike– yang berderet itu. Klik 'Titik Tiga (...)'
  4. Nanti akan muncul pilihan 'Transkrip'
  5. Klik bagian itu dan salin teks yang muncul

 

Cara 2: Menggunakan Tool dari Anthiago

Cara convert video YouTube ke teks berikutnya dengan memakai tool dari Anthiago. Anda dapat sekalian mentranslate teks pada video YouTube. Misalnya video YouTube berbahasa Korea, lalu kita ganti menjadi bahasa Indonesia.

 

  1. Salin link video YouTube yang akan Anda ubah menjadi teks
  2. Lalu buka situs Anthiago.com
  3. Tempelkan salinan link pada kolom
  4. Pilih bahasa yang ingin Anda gunakan
  5. Kemudian klik 'Transkrip'
  6. Di bawahnya nanti, akan muncul konversi dari video menjadi teks. Semua yang diomongkan dalam video, akan menjadi teks

 

Cara 3: Menggunakan Tool dari Downsub

Berbeda dengan situs convert video YouTube ke teks lainnya, Downsub harus mengunduh sebuah file dulu. Ada beberapa jenis format yang bisa dipilih, apakah SRT atau TXT. Sebelum salin teks video YouTube, Anda harus unduh file-file tersebut. Barulah bisa disalin dengan membuka file itu.

 

  1. Salin link video YouTube yang ingin diubah menjadi teks
  2. Buka situs Downsub.com
  3. Tempelkan link lalu klik 'Download'
  4. Tunggu sebentar. Berikutnya akan muncul daftar file, pilih satu saja yang Anda inginkan
  5. Setelah berhasil diunduh, Anda bisa membuka lalu menyalinnya

 

Downsub banyak digunakan untuk mengunduh subtitle sebuah video. Selain mendukung platform YouTube, ia juga bisa digunakan mengunduh subtitle dari VIU, Viki, Hotstar, IQIYI dan platform streaming lainnya.

 

Share This Article :
Sepwal

1946457701878001633