-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Kumpulam Daftar Pekerjaan yang Cocok untuk Lulusan SMA

Ada banyak pekerjaan yang cocok buat lulusan SMA, tapi tak banyak pekerjaan untuk lulusan SMP apalagi SD. Jadi, berusahalah untuk mengenyam pendidikan sampai bangku SMA karena dengan kalian memiliki ijazah SMA, ada banyak pekerjaan menanti.

Bekerja di perusahaan? Bekerja dengan mengandalkan otak bukan tenaga? Bekerja di perkapalan? Bekerja di pesawat? Semua bidang pekerjaan membuka lowongan meskipun kalian hanyalah lulusan SMA Seperti yang telah diulas sahabat Blogger Surabaya. Berikut adalah beberapa pekerjaan itu:

8 Pekerjaan yang Cocok Buat Lulusan SMA 


1.Content Writer

Content Writer adalah profesi yang bisa didapatkan tanpa perlu mengenyam bangku perkuliahan. Kalian cukup mengetahui dasar-dasar menulis dan memiliki kreativitas tinggi, maka Anda sudah bisa menjadi seorang Content Writer. Adapun istilah lain dari pekerjaan jenis ini (menulis), yaitu Copywriting. Keduanya berbeda tapi secara garis besar, keduanya sama-sama menulis.

Tugas Content Writer: melakukan pengelolaan konten artikel di website perusahaan, menulis deskripsi produk, mengelola konten di media sosial, melakukan riset dan lain-lain.

2.Kasir

Sekurang-kurangnya keahlian yang harus Anda miliki dari pekerjaan ini, kalian harus bisa berhitung. Namun sekarang zaman sudah berubah, ada teknologi yang membantu kalian. Jadi kalian cukup memiliki ketelitian tinggi dan kejujuran. Soal bekerja di mana banyak tempat yang bisa kalian coba lamar, seperti Indomaret, Alfamart, Restoran, Mini Market, Toko Pakaian dan masih banyak lagi. 

Tugas Kasir: menjalankan proses penjualan dan pembayaran, mencatat semua transaksi, membantu pelanggan, mengecek barang yang sampai di toko saat proses penerimaan, melakukan pengecekan atas stok bulanan dan lain-lain.

3.Customer Service

Untuk menjadi seorang Customer Service, ada beberapa persyaratan yang harus kalian ikuti. Syarat pertama, kalian harus memiliki mental yang bagus, kedua memiliki penampilan menarik, minimal tinggi wanita adalah 160 cm sementara laki-laki 165 cm, ketiga Customer Service harus memiliki sifat bijaksana, jiwa sosial yang tinggi, pandai bersosialisasi, mampu bekerja sama dan keempat harus memiliki kepribadian yang baik.

Tugas Customer Service: ada yang bertugas di bagian resepsionis penerima tamu, menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan, komunikator, melayani pelanggan melalui telefon atau bertatap muka secara langsung.

4.Operator Produksi

Tertarik bekerja di pabrik? Banyak profesi yang dapat kalian masuki, salah satunya menjadi seorang Operator. Posisi Operator memang yang paling rendah di Pabrik, tapi jika kalian tekun, bisa saja Anda naik jabatan. Adapun jabatan lain di dalam Pabrik yang tingkatnya lebih baik daripada Operator seperti Leader, Foreman, Supervisor, hingga Assisten Manager. 

Tugas Operator Produksi: hadir dalam briefing, menyiapkan material, mengoperasikan mesin tempat pabrik Anda bekerja, memonitor kondisi mesin produksi, menjaga produktivitas, menjaga kualitas produksi, memastikan delivery produk ke proses selanjutnya, dan masih banyak lagi.

5.Anak Buah Kapal (ABK)

Pekerjaan yang cocok buat lulusan SMA berikutnya adalah ABK. Untuk bisa bekerja di sini, kalian harus siap meninggalkan keluarga dalam waktu yang lama, serta memenuhi syarat darimulai minimal berumul 18 tahun, memiliki sertifikat ahli pelaut, memiliki buku pelaut, sehat jasmani dan rohani, disijl, dan sudah menandatangani PKL (Perjanjian Kerja Laut). 

ABK sendiri adalah semua orang yang mempunyai jabatan di atas kapal kecuali jabatan Nahkoda, jadi tugas-tugasnya bervariasi tergantung jabatan apa yang kalian ingin ambil atau dapatkan.

6.Pramugari

Minimal pendidikan untuk menjadi Pramugari adalah SMA/SMK sederajat. Syarat utama menjadi Pramugari kalian harus menjadi siswa Flight Attendant Training (FAT) dengan biaya pendidikan swadaya. Dan FAT menerapkan syarat kalian harus memiliki penampilan menarik, minimal usia 18 tahun dan maksimal 27 tahun (saat pendaftaran), tinggi badan minimal 158 cm dan maksimal 172 cm supaya bisa masuk sekolah tersebut.

Tugas Pramugari: mengontrol boarding pass, memberi salam kepada penumpang, menunjukkan posisi tempat duduk, memberikan minuman dan makanan selama penerbangan, mengontrol, menutup pintu pesawat, mengontrol keamanan dan masih banyak lagi.

7.Pegawai BUMN

Banyak sekali lowongan kerja BUMN untuk para lulusan SMA, seperti bekerja di Pertamina, Kimia Farma, PLN, Pegadaian, Adhi Karya Tbk, Perum Peruri, Perum Bulog, Perum Damri, Jasatirta dan lain sebagainya. Di perusahaan-perusahaan tersebut kalian dapat melamar di bagian yang kalian inginkan yang sesuai dengan skill dan taraf pendidikan.

Banyak kelebihan yang kalian rasakan jika bekerja di perusahaan milik negara, karir kalian terjamin, gaji tinggi, mendapatkan tunjangan yang menggiurkan, asuransi, jaminan hari tua, fasilitas bantuan hukum dan bantuan melanjutkan studi.

8.Polri

Untuk menjadi Polri, banyak sekali persyaratan yang harus dipenuhi. Soal pendidikan, minimal SMA sederjat saja, dan usahakan nilai Anda bagus-bagus (rata-rata nilai 60, 65 atau 70). Selain itu, ada puluhan persyaratan lainnya, di antaranya: kalian pernah mengikuti pendidikan Polri/TNI, usia saat mendaftar minimal 17 tahun dan maksimal 21 tahun, belum pernah menikah, belum pernah hamil, tidak bertato, bebas narkoba, tidak melakukan pelanggaran norma dan masih banyak lagi.

Mau kalian pria atau wanita, semua bisa berkesempatan menjadi salah satu bagian dari profesi ini. Daftarkan Anda segera, dan jadilah Polisi yang bertanggung jawab, melindungi masyarakat, dan Polisi yang membela kebenaran. Tanggung jawabnya banyak, jadi persiapkan diri Anda.

Itulah beberapa pekerjaan yang cocok buat lulusan SMA yang admin share buat sahabat semua.  mulai dari sekarang Tentukan minat dan bakat Anda mulai dari sekarang agar menemukan profesi yang tepat sesuai kemampuan

Share This Article :
Adelia

Click here for comments 15 Comments:

  1. Banyak kan peluang buta lulusan SMA ya. Jadi gak perlu galau jika belum bisa kuliah.

    BalasHapus
  2. Banyak peluang sebenernya zaman now..Karena kemajuan dan akses teknologi memungkin kan orang belajar segalanya via dunia maya jadi pendidikan itu skrg hanya pendamping spya orang lebih beradab ..dan beretika.. .Buktinya banyak orang pendidikan tinggi tapi karena faktor males dan ga ada niat ya luntang lantung saja selalu bilang ga pnnya pekerjaan hehehe

    BalasHapus
  3. baru tahu pramugari dan polri boleh ya lulusan SMA, kirain harus sarjana hihi. ternyata banyak juga ya pekerjaan untuk lulusan SMA. semoga bisa membantu bagi yang sedang cari kerja nih, jadi pada semangat karean banyak pekerjaan yang bisa dilakukan untuk lulusan SMA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak. Kan daftar polri sesaat setelah lulus SMA. Abis itu ikut sekolah lagi dari awal. Sekolah kepolisian gitu kak

      Hapus
  4. Wah, zaman sekarang banyak ya pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMA, jadi jangan takut yang penting harus upgrade diri aja terus dengan belajar2 melalui media digital.

    BalasHapus
  5. meski lulusan SMA ternyata banyak ya peluang pekerjaan yang bisa dicoba...apapun itu yang penting halal dan berkah :D

    BalasHapus
  6. Ternyata banyak juga ya peluang buat yang masih lulusan sma. Jadi, yang kepengen kerja buat kuliah bisa coba lamar di profesi yang sesuai

    BalasHapus
  7. Sebenernya org bekerja tanpa ijazah pun bisa sekali. Namun di negara kita selembar kertas tanda bukti kelulusan itu seperti masih menjadi syarat mutlak utk melamar kerja ya.

    BalasHapus
  8. Bnyak juga pekerjaan buat lulusn SMA, tinggal orangnya mau kerja dimana, tapi kl pekerjaan seperti pramugari biasanya mesti sering2 nyari info lowongan, krn kadang hampir jarang infonya disebar kl bukan ada teman yg infoin

    BalasHapus
  9. Apapun lulusannya walaupun SMA sederajat kalau ulet pasti dapat pekerjaan yang diimpikan ya kak.

    BalasHapus
  10. Wah iya polri ini lulusan sma ya, tapi kalau sudah berhasil enak, nggak perlu repot cari pekerjaan hehehe

    BalasHapus
  11. Ya, apalagi setelah SMA ditambah ketrampilan2 khusus, lapangan pekerjaan semakin terbuka luas

    BalasHapus
  12. Selain kerja juga bisa berwiraswasta ya kak. Banyak peluang sebenarnya. Oh ya, pegawai negeri juga ada yg formasi untuk SMA

    BalasHapus
  13. Seperti kata pepatah galilah ilmu sedalam mungkin, setinggi mungkin tetapi apabila tidak memungkinkan kita bisa mencari skill untuk mendapatkan pekerjaan di masa datang

    BalasHapus
  14. Wow lumayan banyak juga lowongan kerja yang bisa diisi anak sma ya kak... jadi ingat temen yang memulai karir sebagai ABK (anak buah kapal) sekarang sudah berhasil menjadi kapten kapal dengan wilayah perairan asean...

    BalasHapus
1946457701878001633