-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

6 Tips Merawat Kulit Wajah agar Glowing untuk Wanita dan Pria

Merawat Kulit Wajah- Semua orang pasti menginginkan wajah glowing, bersinar, tidak berminyak, tidak kering, kenyal, berseri-seri, cuma banyak orang tak tahu bagaimana caranya. Berikut ini ada banyak tips merawat kulit wajah untuk pria maupun wanita yang dapat kalian praktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelum itu, kalian harus tanamkan 1 hal ini pada diri Anda. Memperoleh wajah yang glowing, indah berseri-seri tidaklah sebentar. Butuh proses waktu dan kalian harus sabar menunggu hingga hasilnya datang. Seperti yang telah di  Mengenai Cara Merawat Kulit Wajah di blog Emak Punya

Intinya, terapkan beberapa tips berikut jika ingin wajah glowing.

Tips Merawat Kulit Wajah Terbaik Sampai Glowing

Pict by : Pixabay com

Kenali Jenis Kulit dan Permasalahan Kulit Kalian Dulu

Sebelum merawat, ketahui dulu apa permasalahan yang kulit wajah kalian hadapi. Apakah kulit wajah Anda berjerawat? Berminyak? Kering? Kusam? 

Sementara untuk jenis kulit sendiri dibagi menjadi 5 macam. Ada yang kulit wajah normal, kulit wajah sensitif, kulit wajah kering, kulit wajah berminyak dan kulit wajah kombinasi (berminyak dan kering). Dengan mengetahui jenis kulit dan permasalahan yang dihadapi, nantinya kalian bisa menemukan berbagai skincare (sabun cuci wajah, masker, serum dan lain-lain) sesuai dengan permasalahan kulit Anda.

Contohnya, bila kulit Anda berminyak dan rawan jerawat, bahan skincare yang mengandung Gel Salisilat atau pembersih Benzoyl Peroxide dapat  bekerja sangat baik. Dan jika kulit kering bisa menggunakan pembersih Glikolat atau bahan yang mengandung susu supaya lebih lembab.

Jangan Lupa untuk Melembabkan Kulit Kalian Siang dan Malam

Waktu terbaik menggunakan pelembab adalah siang dan malam hari sebelum tidur. Untuk itu kalian direkomendasikan memiliki krim siang dan malam yang sudah kalian sesuaikan dengan jenis kulit dan permasalahan wajah agar perubahan dapat segera terlihat. 

Selain itu, sebaiknya Anda menghindari lotion yang mengandung wewangian berlebih, gunakanlah pelembab yang lembut, yang jelas terbukti tidak membuat kulit Anda iritasi.

Selalu Gunakan Tabir Surya Meskipun Sedang Hujan atau di dalam Ruangan

Tabir surya melindungi wajah dari sinar Matahari yang merusak kulit. Menggunakan tabir surya setiap keluar ruangan itu wajib, karena tabir surya atau sunscreen dapat melindungi Anda dari kulit terbakar, penuaan dini, menghindari belang, flek hitam, hingga mencegah dari kanker kulit.

Lalu baagimana jika saat kita akan keluar ruangan ternyata turun hujan atau mendung. Apakah harus menggunakan tabir surya juga? Jawabannya adalah iya, karena saat hujan sinar Matahari tetap ada dalam kadar 60 sampai 80 persen. Sementara bagaimana jika di dalam ruangan? Apakah harus tetap menggunakan tabir surya? Lagi-lagi Anda harus menggunakannya karena sinar matahari bisa masuk dari celah-celah jendela atau ventilasi lainnya.

Gunakan tabir surya atau sunscreen ini sesuai dengan kecerahan kulit Anda. Bila kulit cenderung gelap, gunakan sunscreen yang ber SPF 30 ke atas. Jika kulit Anda cenderung terang, gunakan sunscreen SPF 50 ke atas. Dan jangan lupa, gunakan sunscreen 30 menit sebelum kalian keluar karena efeknya baru bekerja setelah 30 menit berlalu.


Jangan Menggunakan Terlalu Banyak Produk

Mungkin kalian sedang berada di tahap coba-coba. Atau ingin hasil yang cepat dengan menggunakan banyak skincare. Sebenarnya itu tidak bagus untuk kulit, terlalu banyak menggunakan produk hanya membuat jerawat-jerawat di kulit Anda muncul. Salah menggunakan produk (terlebih untuk kulit sensitif) juga dapat memicu reaksi ini. Menggunakan terlalu banyak produk dapat membuat kulit menjadi keras, mengakibatkan lebih banyak jerawat dan pori-pori tersumbat.


Gunakan Masker Wajah Jika Ingin Hasil yang Cepat

Salah satu skincare rutin yang tidak boleh ketinggalan adalah menggunakan masker. Bahkan menggunakan masker dijadikan cara utama orang-orang memperoleh kulit glowing yang berseri-seri. Tips merawat kulit wajah menggunakan masker paling cocok digunakan malam hari, sekarang ini juga tersebar berbagai masker, ada yang masker bubuk dan masker lembar yang disesuaikan dengan segala jenis permasalahan kulit dan jenis kulit Anda. 

Masker adalah penyeimbang kulit yang mampu bekerja dengan cepat. Sekarang kalian tinggal cari saja masker yang cocok untuk wajah Anda.


Tips Dasar Merawat Kulit Menurut Para Ahli

Di sini kami mengutip tips-tips yang ada di website allure.com, ada lebih dari 11 dokter kulit membagikan tips-tips merawat kulit terbaik untuk perawatan sehari-hari kita. Berikut adalah tips-tipsnya:

  • Jika kulit Anda kering, rawatlah saat malam hari, jangan saat pagi hari. Selain itu tidur cukup juga dapat membantu menangani masalah kulit kering (Doris Day)
  • Jangan mengandalkan tisu wajah sebagai pembersih utama Anda terutama jika kalian tinggal di kota dengan polusi yang tinggi (Zoe Draelos)
  • Saat melapisi produk ke wajah Anda, lakukan perlahan dan diamkan selama 2 - 3 menit agar produk menyerap dengan baik ke wajah (Neil Sadick)
  • Cobalah Asam Glikolat untuk kulit normal, Asam Salisilat untuk kulit berminyak atau kombinasi, dan Asam Laktat untuk kulit kering atau sensitif (Day)
  • Musuh komedo adalah Asam Salisilat. Jika hidung Anda berkomedo, coba cari bahan ini di sabun pencuci wajah Anda (Zeichner)
  • Kekeringan, kemerahan, dan kulit kencang adalah tanda-tanda bahwa Anda mungkin perlu beralih ke SPF yang lebih tinggi. Coba tabir surya baru dan lihat apakah masalahnya hilang dalam beberapa hari (Sadick).

Selian tips merawat kulit wajah di atas, ada yang tak kalah lebih penting lagi. Yaitu tidur cukup, makan-makanan sehat, menghindari dehidrasi, rajin minum air putih, dan olahraga.

Share This Article :
Adelia

Click here for comments 14 Comments:

  1. Tabir surya ini, yang aku baru paham manfaatnya pas udah ga muda lagi. Dulu, taunya tabir surya itu dipake buat pas mau berenang.

    BalasHapus
  2. Bener mas sepwal.. harus rajin minum air putih karena kulit yang baik yang terhidrasi dengan sempurna dari luar maupun dalam.

    BalasHapus
  3. sekarang istilah glowing ada di mana mana kak. bersinar gitu. yang penting cuci muka nih kadang suka malas...padahal penting bgt ya

    BalasHapus
  4. Wah aku suka lupa nih kalau habis pulang kerja , mandi , cuci muka pakai sabun udah dehh
    jarang banget pakai masker, tapi herannya kalau lagi jalan/travelling aku rajin banget bersihin muka hahahaha.

    BalasHapus
  5. Coba-coba skincare nih memang nggak bagus karena kulit terus-menerus harus beradaptasi dengan bahan-bahan skincare yang baru kak, jerawat jadi tak terhindarkan jadinya

    BalasHapus
  6. Terlalu glowing juga gak bagus. Menurut saya terlalu berlebihan. Hehe..

    BalasHapus
  7. Merawat kulit itu mudah dan tak susah, susahnya kalau sudah penat, kadang malas gerak. Apalagi kalau sudah jalan ke sana kemari, lelah langsung cuss tidur cuma pakai sabun muka aja

    BalasHapus
  8. wah kulitku dari berminyak sekarang jadi kering. haha. pakai yang khusus oily malah jadi kering. pakai yang kering malah oily, heu. keknya harus harus hati-hati pakai skincare nih. makasih tipsnya.

    BalasHapus
  9. kayaknya aku suka yang coba-coba ada temen nampak glowing ditanyain kamu pakai apa. Lajulah niru, kemudian kulit muka orang kan berbeda ya. Aktivitasnya juga. jadi ya kalau sering terpapar matahi naik motor jauh-jauh mana bisa glowing. wkwk. jadi aku putuskan untuk tetap pada bungkus pink aja sekarang.

    BalasHapus
  10. Wajah sya terbilang aneh karena pas muda (wkwkwk) berminyak, namun pas udh menjelang kepala 4 kok ga berminyak lg yah

    BalasHapus
  11. Tidur yang cukup nih saya yang masih diusahakan. Sering gak bisa tidur kalo malem. Plus masih belum dapet hidayah juga buat make tabir surya. Hihi

    BalasHapus
  12. Kulit glowing idamanku, tapi aku suka males merawat wajah. Duh, serba salah emang

    BalasHapus
  13. Punya kulit glowing tentunya jadi dambaan siapa aja ya, baik pria maupun wanita, tapi kadang membuat glowing jg gak semudah yg dipikirkan, ada caranya jg. Thanks banget tipsnya kak,

    BalasHapus
  14. Kemarin sepedaan lupa pake tabir surya dan kalannya agak ssiang juga... ya gitu dech... kebakar matahari dan sempat perih beberapa hari

    BalasHapus
1946457701878001633