-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

13 Perawatan Rambut Rontok dan Kering Paling Ampuh

Ada banyak sekali masalah yang dialami rambut, seperti rambut bercabang, ketombe, rambut mengembang, rambut rontok hingga rambut yang kering. Ada beberapa perawatan rambut atau treatment yang bisa mengatasi segala permasalahan itu. Namun di sini kita akan lebih membahas perawatan untuk rambut rontok dan kering.

Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Kering 

Rata-rata orang kehilangan rambut per hari adalah 50 sampai 100 helai. Rambut rontok sebenarnya peristiwa yang wajar, tapi terbilang tidak wajar saat jumlah yang rontok melebihi kapasitas tersebut.

Sementara rambut kering membuat keindahan rambut kita berkurang. Karena bisa membuat rambut mengembang, tidak bisa jatuh indah, serta rambut kering susah sekali diatur. Sehingga saat kita tidak mengikat rambut, penampilan menjadi sangat berantakan karena rambut kering.

13 Perawatan Rambut Rontok dan Kering Paling Ampuh

Kedua permasalahan ini tak boleh dibiarkan begitu saja, berikut ini kami berikan tips ampuh mengatasinya.

A. Perawatan Rambut Rontok

Ada banyak cara mengatasi rambut rontok, Seperti yang dijelaskan oleh Richa Miskiyya di blognys dari yang alami, menggunakan obat-obatan, hingga memakai mesin. Biasanya tingkatan-tingkatan treatment-nya tergantung seberapa parah rambut Anda rontok. Namun yang tak kalah penting, tolong jauhi kebiasaan ini agar rambut tidak rontok:

  • Jangan mengikat rambut terlalu kuat
  • Jangan menggunakan topi jika rambut Anda berkeringat
  • Jangan sering keramas
  • Kekurangan vitamin dan gizi
  • Terlalu berlebihan dalam bleaching rambut
  • Jangan memanaskan rambut dalam suhu yang tinggi
  • Melewatkan sarapan
  • Stress
  • Merokok

Dan masih banyak lagi penyebabnya. Hindari kebiasaan tersebut dan lakukan perawatan rambut rontok alami sebagai berikut:

1.Memijat Kulit Kepala Secara Teratur

Cara ini dapat membantu memulihkan pertumbuhan rambut. Lebih baik gunakan treatment ini bersamaan dengan tambahan minyak rambut dan masker. Setiap pijatan dapat merangsang kulit rambut dan menghilangkan sedikit stress. Kekuatan peregangan selama pijatan diperkirakan akan mendorong pertumbuhan dan ketebalan rambut pada sel papilla dermal.

2.Minyak Kelapa

Minyak kelapa mempunyai kandungan asam lemak yang dapat menembus kulit kepala hingga ke batang rambut. Intinya dia dapat menjaga protein dalam rambut sehingga mengurangi kerontokan. Cara menggunakan minyak kelapa sebagai perawatan rambut dapat dilakukan sebelum dan sesudah keramas. 

3.Lidah Buaya

Kalian boleh memilih, menggunakan lidah buaya asli atau menggunakan sampo dan kondisioner yang mengandung lidah buaya. Lakukan perawatan rambut rontok ini beberapa kali seminggu. Dipercaya mampu mengatasi rambut rontok, dapat menenangkan kulit kepala, mengurangi ketombe, merawat rambut, dan membuka foliker rambut yang tersumbat minyak yang berlebih.

4.Lemon

Dikatakan bahwa lemon dan jeruk nipis dapat meningkatkan kualitas dan pertumbuhan rambut. Ini adalah perawatan untuk rambut Anda yang sudah terlanjur rontok. Dengan rutin mengoleskan minyak lemon ke rambut dan mendiamkannya selama 15 menit sebelum keramas dapat mendorong pertumbuhan rambut secara lebih baik lagi.

Sementara itu, ada beberapa cara lain. Efek yang dirasakan lebih cepat tapi  ada efek samping dari penggunakan obat-obatan berikut:

  1. Menggunakan Larutan Topikal Minoxidil
  2. Menggunakan pil resep Spironolakton (keefektifannya masih dipertanyakan, tanyakan saja pada apoteker atau dokter)
  3. Melakukan suntikan Kortikosteroid
  4. Menggunakan Anthralin Topikal

B. Perawatan Rambut Kering 

Paparan sinar Matahari, gaya panas (hairdrayer, catokan), kekurangan gizi, menggunakan produk rambut yang keras, terlalu sering mencuci rambut, keramas menggunakan air panas, kontak dengan air yang mengandung klor, kelembapan dan rokok dapat menyebabkan rambut menjadi kering. 

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi rambut kering mengembang yang susah diatur.

1.Treatment dengan Minyak

Bukan minyak sembarang minyak, dalam dunia rambut, ada beberapa minyak yang mampu membantu permasalahan ini. Meliputi minyak kelapa, minyak almond, minyak jarak, minyak jagung, minyak jojoba dan minyak zaitun. Semua minyak di atas mengandung vitamin E yang bagus untuk rambut. 

Cara menggunakannya pun mudah, kalian cukup olesi rambut dengan salah satu minyak di atas, pijat-pijat, tutupi rambut dengan handuk, diamkan 30-45 menit, lalu keramas dan bilas rambut.

2.Meminum Banyak Air Putih

Tak hanya bagus untuk kulit Anda, minum banyak air putih juga berpengaruh pada rambut.

3.Rutin Potong Rambut

Jika rambut panjang Anda begitu kering, coba potong beberapa cm. Karena biasanya rambut panjang bawaannya terasa kering, apalagi jika bercabang. Tapi kalau Anda sangat menyukai rambut panjang, dan tidak ingin memotongnya, coba konsultasikan dengan penata rambut apakah ada tips untuk itu.

4.Setelah Keramas, Keringkan Rambut dengan Membungkusnya

Jangan mengeringkan rambut memakai udara (haidrayer atau kipas angin), tapi bungkus rambut tersebut dengan handuk. Kalian pasti merasakan sendiri betapa keringnya rambut setelah mengeringkannya dengan udara. Jadi, sebaiknya hindari cara seperti itu dulu, karena dapat mengurangi kelembapan rambut.

5.Menggunakan Masker Rambut

Penggunaan masker rambut dalam perawatan rambut kering terbilang wajib. Cukup gunakan sekali atau dua kali dalam seminggu sebagai ganti penggunaan kondisoner. Selain masker rambut, menggunakan kondisioner juga wajib untuk mengatasi rambut kering.

Bahan-bahan untuk membuat masker rambut untuk rambut kering sangat bervariasi, kalian bisa menggunakan campuran telur dan mayonaise, yougurt dan masker minyak, pasta alpukat, masker pisang. Masker-masker tersebut sangat ampuh untuk dicoba.

Itulah beberapa cara perawatan rambut kering dan rontok secara alami hingga menggunakan obat-obatan. 

Cara paling instan mengatasinya bisa dengan berbagai merk-merk hair treatment di luaran sana. Untuk jenis merk-merk apa saja itu, kami serahkan kepada Anda sendiri. Sebab sensitivitas rambut setiap orang berbeda, temukan sendiri sampo, kondisioner dan vitamin rambut yang paling cocok menurut Anda sendiri.

Share This Article :
Adelia

Click here for comments 16 Comments:

  1. penasaran dengan masker rambut, belum pernah coba. adakah merk yang direkomendasikan kak?

    BalasHapus
  2. Nahini, aku masih sering ngeringin rambut dengan digosok. Jadi suka ada yang ketinggalan di handuk, helaian rambutnya

    BalasHapus
  3. Kalo aku mentoknya sering potong rambut Kak, biar lantai gak penuh rambut. Iyah rambutku rontoknya parah bekum ketemu solusi nih. Makasih tipznya Kak.

    BalasHapus
  4. wanita apalagi ya mas sepwal lebih banyak rambut rontok..apalagi sehabis melahirkan huhu..bisa dicoba nih cara alaminya

    BalasHapus
  5. baru tau melewatkan sarapan bisa merontokkan rambut. tipsnya boleh juga dipraktikkan... makasih artikelnya

    BalasHapus
  6. saya paling banter beli shampoo untuk rambut rontoknya. kalau perawatan pake lidah buaya dll kayaknya masih belum sempat. anyway makasih tipsnya ya

    BalasHapus
  7. Rambut saya agak rontok nih gara-gara jadwalnya smothing molor akibat pandemi nggak berani nyalon he hehe. pas banget pas baca ini

    BalasHapus
  8. Pake lidah buaya kalau saya kak bener sih bisa kurangi rambut rontok ..manjur deh khasiat lidah buaya ini hehehe

    BalasHapus
  9. Kl saya yg jadi masalah sampai sekarang tuh rambut rontok kak, cuma sisiran dikit aja dah rontok, padahal sisiran pake jari tangan, gak pakai sisir yg biasa dipakai. Thanks banget infonya kak, mau coba nih tipsnya, mana tau bisa berhasil

    BalasHapus
  10. Ada beberapa yang jarang aku lakukan, apalagi sejak pandemik gini rambut jadi beneran rontok dan buat kesal. Nanti coba hal yang simple, habis keramas rambut dibungkus dengan handuk deh..

    BalasHapus
  11. Paling stress sih kalau rambut rontok, pernah aku jatuh kepala kepentok berdarah, terus rambutku rontoknya banyak banget stress nangis, kata orang rumah gpp biasa aja padahal
    normalnya kan 10 helai . perawatan rambut rontok dan kering memang harus dimaintaince
    sih , aku biasa potong rambut rutin 3 bulan sekali, karena gak bisa panjang dikit, rontok.

    BalasHapus
  12. Bagi kaum hawa penting banget menjaga kesehatan dan kualitas rambut... dan susah susah gampang merawat rambut ini.. kalau cowok lebih mudah.... rambut bermasalah... botakin aja dulu ya kak

    BalasHapus
  13. rambutku tuh rontok, tapi gak kering sih. udah gonta ganti sampo untuk rambut rontok, tetap aja gak ngaruh, hiks. baca tips ini jadi mau ngikuti step-stepnya nih. makasih sharingnya.

    BalasHapus
  14. Pengen banget tanam lidah buaya sendiri, jadi biar lebih alami gitu buat dipake di rambut

    BalasHapus
  15. Mas sepwal. Rambutku rontok tapi cenderung berminyak. Berarti sebaiknya hindari minyak kelapa ya.. soalnya di atas aku baca minyak kelapa bagus buat rambut kering.

    BalasHapus
  16. Oooo pantesan ada iklan shampo yang katanya mengandung lidah buaya. ternyata bisa buat perawatan rambut ya kak

    BalasHapus
1946457701878001633