-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Apa Itu Wipe Data? Bagaimana Cara Melakukan Wipe Data yang Benar?

Ketika mendengar Wipe Data, maka mereka akan teringat dengan Reset Factory atau mengembalikan pengaturan HP ke tampilan pabrik. Wipe Data sering dikaitkan dengan Reset Factory, karena memang pengertiannya sendiri adalah seperti itu.

Wipe artinya menghapus, sementara Data adalah semua hal yang tersimpan dalam ponsel. Meliputi database, dokumen, foto, chache, berkas, lagu dan semuanya yang ada di ponsel.

Kegunaan Wipe Data biasanya dibutuhkan ketika seseorang akan menjual ponsel atau memberikan ponselnya kepada orang lain. Sehingga data-data pribadi yang ponsel miliki, tak tersebar ke tangan orang lain saat HP itu ganti pemilik.


Akan tetapi, Wipe Data dengan memanfaatkan Reset Factory tidaklah cukup. Ada beberapa kelemahan:

  1. Reset Factory hanya membuat data-data itu tidak terlihat. Alias tidak benar-benar terhapus
  2. Data yang sudah direset factory bisa dikembalikan lagi lewat bantuan tool. Jadi berbahaya jika ponsel Anda berganti pemilik pada tangan orang yang tidak tepat
  3. Melakukan Factory Reset saja itu tidak cukup

Maka dari itu, kami akan memberitahu tips melakulan Wipe Data yang benar yang bisa menghapus data-data sampai ke akar dan tak bisa diakses pengguna ponsel yang baru nantinya.

Cara Wipe Data yang Aman dan Paling direkomendasikan


1. Enkripsikan Ponsel Anda

Kegunaan dari Enkripsi Ponsel adalah membuat data-data itu acak-acakkan dan tidak bisa disusun lagi. Cara ini memang tidak bisa menghapus data-data Anda sampai ke akar. Akan tetapi, dia mampu membuat pengguna yang ingin mengakses data Anda menjadi kesulitan untuk menyusunnya lagi.

Cara melakukan enkripsi ponsel adalah sebagai berikut:
  • Masuk ke menu pengaturan
  • Lalu pilih menu 'Security'
  • Cari opsi 'Enkripsi' dengan terus menggulir layar ponsel Anda ke bawah
  • Setelah Anda 'Enkripsi', kemudian lakukan Factory Reset

2. Menumpuk File Sampah dalam Memori Ponsel Anda

Caranya cukup dengan menambahkan berbagai file tidak penting, mau itu video, film, lagu, foto tidak penting ke dalam ponsel Anda. Cara ini bisa membuat tenggelam file penting dalam ponsel Anda, jadi ketika diReset Factory nanti, yang bisa diakses adalah file-file tidak penting tersebut. Sementara file yang penting sudah terkubur jauh di dalam.

Itulah cara aman meakukan Wipe Data beserta pengertiannya. Bagi Anda yang ingin menjual ponsel bekas, penting kiranya melakukan hal ini.

Share This Article :
Adelia

1946457701878001633