Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan HP Hampir Habis

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan HP Hampir Penuh -Sahabat semua pada kesempatan kali ini admin akan berbagi tips Mengatasi Ruang Penyimpanan HP Hampir Penuh, Banyak pengguna Android yang kadang tanpa sadar memori internalnya HP_nya penuh , padahal mereka tidak menyimpan file terlalu banyak dan tidak menginstal Aplikasi yang banyak. 


Memori HP penuh karena ada beberapa faktor seperti file Cache yang jarang dibersihkan, file-file seperti video, dokumen, tanpa sadar foto terunduh secara otomatis atau terlalu banyak menginstal aplikasi.

Cara  Mengatasi Penyimpanan HP yang Hampir Penuh


1. Hapus Cache Aplikasi

Cache merupakan sampah yang tersimpan ketika menggunakan aplikasi. Jadi ketika suatu aplikasi dibuka, nanti aplikasi tersebut akan menyimpan data-data tertentu. Inilah yang disebut dengan cache.

File cache yang kebanyakan size-nya cukup besar. Bisa sampai ratusan MB untuk satu aplikasi. Terlebih lagi file cache tidak terlihat di memori internal, sehingga susah untuk menghapusnya.

Cara Hapus Cache Aplikasi di HP
Caranya adalah buka 'Setting' lalu pilih 'Penyimpanan'. Pilih lah 'Data Dalam Cache'. Klik itu dan sampah yang ada otomatis terhapus.

Bisa juga masuk buka 'Setting' pilih menu 'Aplikasi', lanjut pilih aplikasi apa yang size-nya besar, Ketuk hapus 'Cache'.

2. Gunakan Aplikasi Pembersih Cache

Aplikasi cleaner ini berfungsi untuk mengoptimalisasi smartphone, baik itu dari segi performa maupun penggunaan data, termasuk penghapusan cache. 

Menggunakan aplikasi penghapusan cache bisa dilakukan secara otomatis tidak manual lagi. Install aplikasi pembersih Cache di Playstore atau App Store. Memakai aplikasi memang lebih praktis dan sangat menghemat waktu.

3. Cek Data Aplikasi Perpesanan

Di aplikasi perpesanan tanpa sadar kita pernah menyimpan file Seperti Foto, video, dokumen, dan yang lainnyatanpa sengaja atau secara otomatis terunduh sehingga tidak disadari keberadaannya.

Nah karena makin hari makin nambah tanpa kita sadari Sizenya juga nambah banyak yang membebani ruang penyimpanan. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memeriksa data-data aplikasi perpesanan di HP anda melalui file manager.

Buka file manager, masuk ke folder aplikasi yang mau dihapus, hapus file–file yang sekiranya tidak dibutuhkan.

4. Reset HP

HP yang berumur lama biasanya junk file-nya sudah sangat menumpuk. Sulit untuk menghapus secara manual atau menggunakan aplikasi pembersih.
Reset HP akan menghapus semua data internal, dijamin memori internal sepeti pertama beli HP. Namun, sebelum me-reset jangan lupa untuk backup data-data anda seperti kontak, Foto dan File penting lainnya.

Cara Reset HP Andorid Semua Tipe

1. Buka Setelan terlebih dahulu di HP anda.
2. Setelah itu, buka menu Cadangkan dan Setel Ulang.
3. Selanjutnya, klik tombol Kembalikan ke Setelan Pabrik.
4. Setelah itu Konfirmasi reset, kemudian tunggu prosesnya sampai selesai, Ingat jangan tekan apa-apa setelah proses Reset jalan.
5. Nah Setelah HP restart otomatis, maka HP Anda telah berhasil di-reset.


Cara Reset HP Iphone

1. Masuk ke Menu Settings Pilih menu ‘General’
2. Kemudian Klik menu ‘Reset’
3. Setelah itu Pilih tulisan ‘Erase All Content and Settings’
4. Akan Tampil Notifikasi yang  berisi peringatan mengenai seluruh data yang akan terhapus jika mereset iPhone Anda
5. Kemudian masukkan Apple ID Anda untuk 
6. Tunggu beberapa saat maka semua data akan terhapus dan pengaturan pada iPhone akan terhapus

Cukup Sekian Artikel yang Membahas Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan HP Hampir Penuh, Semoga bermanfaat buat semua

GST
GST Suka Mempelajari hal baru, menulis, dan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan Dunia Teknologi

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan HP Hampir Habis"