-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Menggunakan Firefox Monitor, Apakah Firefox Monitor Aman?

Cara Menggunakan Firefox Monitor - Tahun lalu BukaLapak pernah mengalami kebocoran data, sekarang gantian Tokopedia bocor, lalu disusul situs Bhinneka. Tingkah laku para hacker sangat meresahkan kita, apalagi kabarnya akun-akun tersebut sampai di jual ke Dark Web, yang mana itu sama saja mereka menjual identitas pribadi kita.



Intinya, peretasan massal ini sangat merugikan kita maupun pemilik ecommerce. Di samping situasi ini, sempat muncul situs viral namanya adalah Firefox Monitor yang dugadang-gadang mampu mengecek sederet akun-akun kita apakah pernah diretas atau tidak.

Sekilas Informasi tentang Firefox Monitor?

Firefox Monitor adalah sebuah layanan informasi yang juga mendukung keamanan online pada akun-akun email Anda dengan memberikan data-data tentang pelanggaran-pelanggaran yang email Anda terima dan peretasan-peretasan yang pernah terjadi pada email Anda.

Tak cuma berguna untuk mengecek apakah akun Tokopedia Anda pernah diretas atau tidak. Ia juga mengecek seluruh akun yang terdaftar oleh email Anda tersebut. Sifatnya sangat menyeluruh, beragam aplikasi pun siap disajikan datanya oleh layanan ini.

Beberapa pengguna yang pernah mengecek akun-akun mereka bahkan merasa terkejut karena menyadari bahwa akun mereka tak hanya diretas dari Tokopedia saja. Beberapa situs lain seperti BukaLapak, Zoom, Gmail, Canva dan aplikasi-aplikasi lainnya juga diam-diam pernah meretas akun mereka.

Apakah Firefox Monitor Aman?

Setelah Firefox Monitor begitu dipercaya oleh pengguna-pengguna sebagai situs pengecekan keamanan akun dari para hacker, ada orang-orang yang merasa ragu dengan aplikasi ini. Serta ada banyak yang mempertanyakan apakah Firefox Monitor aman?

Kalau menurut pakar keamanan siber dari Vaksin.com, Alfons Tanujaya, dia menyebutkan setidaknya ada 3 situs terpercaya yang bisa masyarakat gunakan untuk mengecek apakah akun Anda pernah diretas atau mengalami kebocoran atau tidak.

Salah satu situs yang disebutkan di sana ada Firefox Monitor yang beralamatkan (www.monitor.firefox.com). Sementara kedua situs lainnya dia menyebutkan https://www.avast.com/hackcheck/  dan https://haveibeenpwned.com/.

Alfons juga menambahkan tips mengetahui situs yang aman bisa dilihat dari domainnya.
"Penting memperhatikan domain situsnya ya. Domain owner-nya jelas. Avast, Firefox dan terakhir (Have I Been Pwned) memang sudah bertahun-tahun menjadi rujukan database yang bocor," ucapnya.

Cara Menggunakan Firefox Monitor

Salah satu kelebihan Firefox Monitor dibanding yang lain adalah dia mudah digunakan serta gratis.

1. Buka situs Firefox Monitor
2. Masukkan alamat email yang ingin dicek
3. Lalu klik 'Periksa Pelanggaran Data'
4. Nanti akan muncul data-data pelanggaran yang pernah terjadi pada akun email Anda. Tapi jika hasilnya kosong, itu berarti tak ada pelanggaran yang pernah terjadi. Jadi aman


Share This Article :
sepwal

Suka Mempelajari hal baru, menulis, dan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan Dunia Teknologi

1946457701878001633