-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

4 Alasan Ilmiah Kenapa Meeting di Zoom Membuat Anda Cepat Lelah

Aplikasi Zoom - Saking banyaknya orang-orang merasa lelah meeting di Zoom, sampai muncul fenomena dimana penelusan pencarian Google memuat kata kunci mengenai pertanyaan 'kenapa meeting di Zoom bisa sangat melelahkan?'

Ternyata, ada beberapa alasan ilmiah di balik fenomena ini.

4 Alasan Ilmiah Kenapa Meeting di Zoom Membuat Anda Cepat Lelah

1. Terlalu Banyak Memakan Energi

Menurut Profesor Gianpiero Petriglieri dari INSEAD, berkomunikasi secara virtual membutuhkan lebih banyak fokus dibanding berbicara secara langsung.
"Melakukan video chat artinya kita bekerja lebih keras memproses isyarat non-verbal seperti ekspresi wajah, nada suara, dan bahasa tubuh. Hal ini mengkonsumsi lebih banyak energi," jelasnya.

2. Stres Melihat Wajah Kita Sendiri

Semua orang selalu memedulikan penampilan, meskipun biasanya orang-orang yang melakukan rapat online dengan Zoom hanya memedulikan style bagian atas karena yang terlihat cuma itu, sementara style yang lain biasa saja.

Baca Juga : Cara Menyimpan Video dan Mengambil Screen Capture dari Zoom Cloud Meeting

Tapi yang namanya bertatap muka langsung dengan layar, kadang mata kita bukannya fokus pada lawan bicara, tapi malah sesekali lirik wajah kita sendiri memastikan apakah ekspresi kita bagus, tidak aneh, atau melihat penampilan apakah tetap menarik atau tidak.
Orang-orang selalu terlihat ribet saat sudah di depan kamera.

3. Munculnya Berbagai Masalah Teknis

Beberapa contoh masalah teknis yang terjadi ketika meeting di Zoom antara lainnya adalah: koneksi internet yang jelek, layar tiba-tiba freeze, software crash hingga penggunanya yang gaptek.

Jadwal meeting yang harusnya dimulai 30 menit lebih awal, harus diundur karena kesusahan peserta untuk connect pada rapat online tersebut.
Apalagi jika sedang diburu deadline. Perpaduan antara panik dan terburu-buru sangat membuat kita mudah kelelahan.

4. Waktu Bekerja dan Waktu Bersantai Menjadi Terganggu

Memang benar, bekerja di rumah rasanya lebih santai, lebih fleksibel tapi kebanyakan … bahkan penelitian juga mengungkapkan bahwa bekerja di rumah memakan lebih banyak waktu bekerja dibanding bekerja di kantor.

Baca Juga : 4 Tips Aman Menggunakan Aplikasi Zoom Agar Terhindar dari Zoombombing dan Zoom Hacks

Pekerjaan yang dilakukan di rumah pun dapat mengganggu waktu-waktu lainnya misal waktu beristirahat, waktu bermain bersama keluarga, dan lain-lain.

Sebanyak apapun teknologi memudahkan pekerjaan kita sekarang, ia tak bisa mengubah kenyaman kita bersosialisai bersama manusia secara langsung. Semoga Covid-19 segera berakhir, dan kita bisa kembali ke kehidupan dahulu.

Share This Article :
sepwal

Suka Mempelajari hal baru, menulis, dan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan Dunia Teknologi

1946457701878001633