-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Hikmah Kewajiban Menuntut Ilmu Dalam Islam Yang Wajib Anda Tahu!

Kewajiban Menuntut Ilmu memang sudah menjadi hukum yang harus diamalkan oleh kita Umat Islam. Pasalnya, Allah SWT telah memerintahkan kita untuk menjadi orang yang berilmu. Dengan ilmu, Allah akan mengangkat derajat hamba-Nya dan melebihkan dari yang lain.
Menuntut Ilmu Dalam Islam

Hal ini selaras dengan firman Allah SWT sebagai berikut:

"Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS Al-Mujadilah, ayat 11)

Oleh karena itu, sebagai Umat Islam sehendaknya kita terus menuntut ilmu dan mengamalkannya. Supaya, kita menjadi orang yang mampu menjaga martabat Islam. Sehingga, orang yang ‘alim juga akan menjadi sarana untuk berdakwah di jalan Allah dengan ilmunya.

Lalu, siapa sih yang wajib menuntut Ilmu?

kewajiban menuntut ilmu yaitu bagi setiapUmat Islam, diwajibkan untuk menimba Ilmu. Baik ilmu yang sifatnya duniawi maupun ukhrawi, baik perempuan maupun laki-laki, dari yang muda hingga orang tua.

Mengapa ilmu umum juga wajib dipelajari Umat Islam?
Karena, ilmu Allah meliputi langit dan bumi. Dan dengan iman, maka ketika mempelajari ilmu umum maka kita akan semakin bersyukur akan keagungan Allah SWT.

Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim dan muslimah sejak dari ayunan hingga liang lahat. (H.R. Ibnu Majah №.224 dari Anas bin Malik R.A. di shahikan oleh Asy-Syaikh Al-Albani dalam Shahih Ibni Majah: 183 dan Shahihut Targhib: 72)

Kewajiban Menuntut Ilmu Agama dijadikan sebagai syariat, karena begitu pentingnya manfaat ilmu. Pasalnya, orang yang beribadah tanpa berilmu maka ibadahnya pun bisa terjerumus pada kesalahan. Selain itu, ilmu juga dapat dijadikan sarana untuk menjaga martabat Islam.

Baca Juga : Hadist Tentang Keutamaan Menuntut Ilmu

Supaya Umat Islam memiliki wibawa, dan tidak direndahkan oleh kaum kafir harbi yang berusaha memusuhi Islam. Selain itu, dengan ilmu seseorang juga dapat mencapai kebahagiaan dunia maupun akhirat. Bahkan, dalam mengenal Allah pun seseorang tentu sangat perlu memiliki ilmu. Sehingga, begitu pentingnya maka menjadi wajib dalam menuntut ilmu.

“Barangsiapa menginginkan kebahagiaan dunia, wajib baginya mempunyai ilmu. Barangsiapa menginginkan kebahagiaan akhirat, wajib baginya mempunyai ilmu. Barangsiapa menginginkan kebahagiaan keduanya, wajib baginya mempunyai ilmu.” (HR. Tabrani)

Apakah menuntut ilmu itu hanya di sekolah atau universitas?
Tidak, menuntut ilmu bisa dengan segala cara asal tidak melanggar syariat Islam. Banyak cara untuk menimba ilmu, tidak harus berbentuk pendidikan formal. Bahkan, non formal juga ruang untuk menuntut ilmu. Anda bisa mencari ilmu di Majlis Ta’lim, Pengajian, Belajar Kitab, Membaca Buku, Tadabur Al-Qur’an, Belajar Pada Mursyid, Pondok Pesantren, Universitas, Sekolah, Situs Website Kredible, dan masih banyak lagi.

Demikianlah artikel dari kami yang membahas tentang Kewajiban Menuntut Ilmu. Semoga bermanfaat bagi kita semuanya, dan mampu memotivasi banyak orang untuk terus menimba ilmu hingga akhir hayat. Karena, ini telah menjadi kewajiban bagi Umat Islam. Oke, sekian dari kami dan terimakasih.
Share This Article :
Adelia

1946457701878001633