-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Hadist Tentang Keutamaan Menuntut Ilmu, Motivasi Umat Islam Semangat Belajar!

Keutamaan menuntut ilmu menurut islam - Hadist Tentang Keutamaan Menuntut Ilmu yang wajib Anda pahami untuk menyempurnakan keIslaman kita. Karena, bagi Umat Muslim tidak cukup hanya menyatakan keIslamannya tanpa memahami dan mengamalkan kepada orang lain.
Keutamaan Menuntut Ilmu

Menuntut ilmu berawal dari buaian sampai ke liang lahat. Bahwasanya menuntut ilmu tidak ada batasan mulai dari muda hingga tua. Betapa pentingnya kita menuntut ilmu untuk bekal hidup kelak.

Hadist Tentang Keutamaan Menuntut Ilmu sangat penting bahkan ada aturannya. Mulai dari pentingnya memuliakan ilmu, bagaimana cara menuntut ilmu, dan sebagainya.

Disini akan membahas hadist keutamaan atau kewajiban menuntut ilmu bagi setiap Umat Muslim. Apabila seorang Muslim tidak memiliki ilmu, maka akan mudah terperdaya dan mudah ditipu dengan jalan yang salah.

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

“Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim” (HR. Ibnu Majah no. 224, dari sahabat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, dishahihkan Al Albani dalam Shahiih al-Jaami’ish Shaghiir no. 3913)

Setiap Muslim laki-laki maupun perempuan wajib dalam menuntut ilmu. Tidak ada batasan bagi semuanya, selama ilmu yang kita pelajari memberikan jalan kebaikan. Menjadi seorang Muslim yang berilmu untuk kebaikan di dunia dan akhirat. Dalam kehidupan setiap Umat Islam pasti mendambakan surga. Dengan pentingnya menuntut ilmu, Allah SWT akan memudahkan jalan menuju surga. 

Mencari ilmu merupakan suatu jihad dalam Islam, memiliki pengetahuan dan menjadi bijak dalam mengahapi masalah yang muncul. Seseorang yang mengutamakan mencari ilmu, akan diberi kemudahan dalam menuju surga. Bagi orang yang menuntut ilmu dan meluangkan setiap waktunya untuk belajar bagaikan bulan purnama yang mampu menyinari langit, seperti hadist yang diriwayatkan oleh Abu Dawud.

“Keutamaan orang yang berilmu dibanding dengan ahli ibadah, seperti keutamaan bulan purnama atas seluruh bintang-bintang. Sesungguhnya para Ulama adalah pewaris para Nabi. Sesungguhnya para Nabi tidaklah mewariskan dinar dan dirham, (Tetapi) mereka mewariskan ilmu. Barangsiapa mampu mengambilnya, berarti dia telah mengambil keberuntungan yang banyak.” [HR.Abu Dawud (3641), At-Tirmidzi(2682)].
keutamaan menuntut ilmu dalam islam, Hadist Tentang Keutamaan Menuntut Ilmu tersebut sangat penting untuk dipelajari. Bagi Umat Muslim menuntut ilmu akan menjadi penerang untuk menjalani kehidupan.

Ilmu yang telah dipelajari harus terus diamalkan. Ilmu yang diamalkan senantiasa menjadikan ilmu tetap hidup dan bertambah.

Dengan demikian setiap Umat Islam berkewajiban untuk mencari ilmu. Sekian dari kami, dan semoga bermanfaat.
Share This Article :
Adelia

1946457701878001633