-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

5 Amalan Sunnah Berbuka Puasa dan Sahur

Sebenarnya yang paling utama dari amalan Sunnah berbuka dan sahur itu ada satu. Yaitu mengakhirkan waktu sahur, dan menyegerakan berbuka ketika mendengar suara Azan Maghrib.

Kedua amalan Sunnah tersebut ketika kita lakukan, akan memperoleh ganjaran serta kebaikan dari Allah. Ketika kita mengakhirkan waktu Sahur (jika seperti Nabi Muhammad, Sahur 10 menit sebelum imsak), itu akan membuat kita merasa lebih kenyang sebab kita makan di akhir-akhir waktu.

Tidak seperti saat Anda sahur di jam-jam yang jauh dari Imsak, misal jam 12 atau jam 3 pagi.

Sementara itu, dengan menyegerakan berbuka puasa ketika mendengar suara Azan Maghrib, memberikan Anda kebaikan untuk tidak menahan rasa lapar lebih lama. Bahkan untuk orang yang Azan, sangat dianjurkan untuk dirinya membatalkan puasa lebih dulu (minum air) sebelum memulai Azan Maghrib-nya.


Apa Saja Sunnah Berbuka dan Sahur?

Dan selain satu sunnah tersebut, masih ada beberapa Sunnah berbuka dan sahur lainnya.

1. Berbuka dengan Buah Kurma atau Air Putih
Kalian harus tahu bahwa berbuka dengan yang manis-manis dan berbuka dengan buah kurma itu tidak sepenuhnya sama. Kurma memiliki kandungan yang baik untuk tubuh, ia mampu mengembalikan energi tubuh, menjaga pencernaan kita, dan manfaat-manfaat baik lainnya. Tapi makanan manis selain kurma tidak sepenuhnya memberikan manfaat tersebut.

Hati-hati, menikmati makanan manis ketika tubuh seharian tidak mengkonsumsi apa-apa dapat meningkatkan gula darah kita berkali-kali lipat. Jadi Anda harus bisa membedakan bahwa Kurma memang manis, tapi Nabi Muhammad tidak menganjurkan mengkonsumsi makanan manis selain Kurma.
Jika tidak memiliki Kurma, Anda bisa mengkonsumsi air putih.

Sunnah tidak hanya melulu soal kebaikan dan pahala, tapi juga kesehatan Anda.

2. Berdoa Saat Berbuka Puasa
Allahumma laka shumtu, wabikaa amantu, wa'alaa rizkika afthartu ….
Ini adalah doa yang bisa mendatangkan pahala ketika kita baca sebelum berbuka puasa.

3. Melaksanakan Sahur
Di antara sunnah berbuka puasa dan sahur adalah melakukan Sahur itu sendiri. Sahur hukumnya Sunnah, namun Nabi menganjurkan kepada kita karena memiliki kebaikan dan keberkahan.

 Jangan pernah meninggalkan Sahur, meski itu cuma minum air putih. Jangan pernah lewatkan kesempatan Anda memperoleh limpahan Sholawat dari Allah dan Para Malaikat bagi mereka yang Sahur saat puasa.
Share This Article :
sepwal

Suka Mempelajari hal baru, menulis, dan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan Dunia Teknologi

1946457701878001633