-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

6 Tips Belajar Mandiri di Rumah, Lebih Fokus dan Tanpa Gangguan

Belajar di rumah memiliki beberapa kelebihan: lingkungan belajar lebih nyaman, lebih rendah akan tekanan, dan luwes. Tapi belajar di rumah bukanlah hal yang mudah, banyak gangguan yang akan menggoda kita. Seperti godaan televisi, gadget, makanan, kasur, yang akhirnya membuat kita selalu menunda-nunda waktu belajar.


Untuk mengatasi masalah ini, berikut adalah tips belajar di rumah untuk Anda yang saat ini sedang diliburkan dari sekolah karena Virus Corona.

6 Tips Belajar di Rumah

1. Pilih Wilayah Anda Ingin Belajar
Bisa jadi itu meja belajar di kamar Anda, meja di ruang tamu, meja di dapur atau halaman rumah anda. Pilih wilayah Anda ingin belajar, lakukan terus di situ, jangan berpindah-pindah. Cobalah ciptakan bangku kelas Anda sendiri. hingga suasananya menjadi nyaman.

2. Pilih Waktu Belajar Anda
Jika di sekolah waktunya adalah jam 7 sampai jam 3 sore. Apakah Anda juga menetapkan waktu belajar Anda seperti itu? Tentukan sekarang.

Anda juga bisa memilih ingin belajar di pagi hari, siang atau malam hari. Yang penting Anda konsisten dalam belajar.

3. Buat Jadwal
Tips belajar di rumah ini tak perlu mengikuti jadwal seperti yang ada di sekolah. Ingatlah salah satu kelebihan belajar di rumah, yaitu lebih luwes dan nyaman. Buat Anda senyaman mungkin. Tapi jangan membuat jadwal yang membuat Anda manja-manja dengan waktu yang berujung dengan menunda-nunda.

4. Gunakan Timer
Tentukan waktu belajar, buat jadwal, dan gunakan timer. Jangan berhenti belajar sebelum timer itu mati. Anda harus keras terhadap diri Anda sendiri agar supaya bisa lebih disiplin.
Tidak boleh menunda-nunda dan berhenti semau Anda. Kalian harus disiplin.

5. Manfaatkan Aplikasi Belajar
Agar belajar lebih mudah, dan tetap diterangkan oleh orang-orang yang ahli, gunakanlah aplikasi belajar yang menurut Anda tepat.

Baca Juga : 4 Aplikasi Belajar Online Gratis Selain Ruang Guru

Karena ada beberapa orang yang tidak paham dengan hanya membaca, butuh penjelasan, jadi manfaatkan aplikasi-aplikasi belajar yang tersedia di internet.

6. Gunakan Teknik Fynman Supaya Lebih Paham dan Belajar Lebih Cepat
Ketika belajar sendiri di rumah, Anda mungkin akan sulit memahami pelajaran. Untuk itu Anda bisa mencoba mengguankan teknik Fynman.

Teknik Fynman adalah teknik belajar dimana kalian menyampaikan apa yang Anda pelajari menggunakan kata-kata Anda sendiri. Di sini kalian bertindak seperti seorang guru. Tak perlu harus persis pemahaman Anda dengan yang ada di buku atau ucapan guru, tapi coba bawakan menggunakan kata-kata sendiri.

Tapi kuncinya, pemahaman Anda itu tidak boleh melenceng.
Share This Article :
sepwal

Suka Mempelajari hal baru, menulis, dan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan Dunia Teknologi

1946457701878001633