-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

3 Kegunaan GPS Selain untuk Petunjuk Arah

GPS lebih berguna daripada yang Anda pikirkan selama ini. Selain bisa digunakan sebagai penunjuk arah, GPS bisa melakukan beberapa hal yang sangat membantu manusia.

GPS sendiri terdiri dari konstelasi satelit yang mengirim sinyal ke bumi. Dengan keberadaan teknologi tersebut, GPS bisa memberikan informasi lokasi dengan ketepatan 1 sampai 10 meter. Namun para ilmuwan menyadari, bahwa sebenarnya GPS bisa memberikan informasi lebih selain menunjukkan lokasi.
GPS bisa memberitahu kita mengenai apa saja yang berhubungan dengan planet kita ini.
Apa saja?

Manfaat GPS Selain untuk Petunjuk Arah
Manfaat GPS Selain untuk Petunjuk Arah


1. Mendeteksi Gempa
Di sepanjang Pantai Barat AS, para peneliti telah memasukkan GPS sebagai sistem baru peringatan dini gempa yang dapat mendeteksi goncangan dan memberitahu orang-orang di kota yang jauh kalau goncangan itu akan segera menimpa mereka. Sementara itu, di Chili, mereka telah membangun jaringan GPS-nya sendiri yang dimasukkan pada pantai.

Teknologi tersebut akan mengidentifikasi, apakah goncangan yang terjadi bisa mengakibatkan tsunami atau tidak.

2. Memantau Gunung Berapi
Selain berguna untuk mendeteksi gempa, GPS juga dimanfaatkan banyak peneliti untuk mendeteksi bencana  alam yang lain, seperti gunung berapi.

Baca : Cara Menambahkan Titik Lokasi di Grab

Saat letusan gunung berapi  Kilauea yang  terjadi di Hawai tahun lalu, peneliti telah menggunakan GPS untuk memahami bagaimana GPS bekerja membantu mereka dalam pemantauan gunung berapi. Mereka menggunakan informasi itu untuk menentukan daerah mana yang harus dievakuasi terlebih dulu.
Dan data yang dihasilkan setelah gunung berapi melutus pun bisa berguna di tangan para peneliti. GPS benar-benar membantu mereka dalam pemantauan.

3. Mendeteksi Salju
Lebih dari apa yang kita bisa bayangkan, kalau ternyata GPS bisa memperoleh sinyal dari apa saja yang jatuh atau terpental di atas tanah. GPS letaknya ada di atas kepala kalian, tapi jaraknya sangat jauh sebab satelitnya di luar angkasa, dan sinyal dari pantulan tanah itu bisa mereka pantulkan lagi ke ponsel Anda untuk mengetahui apa yang terjadi dengan tanah yang Anda pijaki saat itu.

Dalam hal ini, GPS ternyata bisa memberikan informasi tentang berapa lembabnya tanah pada wilayah tertentu atau berapa banyak salju yang menumpuk di atas tanah tersebut. GPS bisa mengukur kedalaman suatu wilayah dengan pantulan sinyal yang dipantulkan ke tanah. Semakin tebal salju yang menumpuk, semakin pendek jarak antar gema dan penerima.
Share This Article :
sepwal

Suka Mempelajari hal baru, menulis, dan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan Dunia Teknologi

1946457701878001633