-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Tips dan Trik Mencegah Malware pada Smartphone

Sepwal.net - Malware biasanya ditemukan pada komputer atau laptop yang terhubung dengan internet. Meski demikian, kini malware juga ditemukan pada ponsel pintar atau android. Keberadaan malware ini tentunya sangat mengganggu pengguna smartphone.

Tidak hanya membuat sistem berjalan lambat, ada kemungkinan bila malware bisa meretas data dalam android. Untuk mencegah malware pada smartphone, berikut tips yang bisa dilakukan:

Tips dan Trik Mencegah Malware pada Smartphone

Tips dan Trik Mencegah Malware pada Smartphone

Unduh Aplikasi Hanya Dari Toko Resmi
Malware biasanya tersimpan pada aplikasi yang diunduh dari pihak ketiga atau toko tidak resmi. Karena itu, gunakan aplikasi Google Play atau App Store lain yang merupakan toko resmi bawaan smartphone ketika akan mengunduh aplikasi.

Hal ini dilakukan untuk mencegah malware yang berbahaya masuk ke dalam ponsel pintar. Meskipun tidak menjamin sepenuhnya, namun mengunduh aplikasi dari toko resmi dapat meminimalisir kemungkinan masuknya malware di smartphone milik kita.

Blokir/Uninstall Aplikasi Yang Berasal Dari Luar
Cara untuk mencegah malware pada smartphone dapat dilakukan dengan cara memblokir atau meng-uninstall aplikasi dari luar. Dengan demikian, ancaman yang dibawa dari luar dapat diminimalisir. Sebagai upaya pencegahan lebih lanjut, aktifkan peraturan ponsel yang bisa mendeteksi perangkat lunak yang berasal dari luar.

Jangan Lupa Untuk Melakukan Pembaruan Sistem dan Aplikasi
Sistem dan aplikasi biasanya melakukan pembaruan secara rutin. Hal ini dilakukan untuk memperbaiki bug dan meningkatkan keamanan pada smartphone. Pastikan smartphone selalu melakukan pembaruan sistem dan aplikasi. Dengan demikian kerentanan yang menjadi celah bagi malware dapat diatasi. Jadi jangan lupa untuk rajin update sistem androidnya.

Hati-Hati Terhadap Uji Coba Antivirus Gratis
Ketika melihat kata “gratis” pada sebuah antivirus, jangan tergoda untuk mencobanya. Pastikan terlebih dahulu apakah aplikasi antivirus tersebut benar-benar dikeluarkan dari sumber yang terpercaya. Hal tersebut dikarenakan ada kemungkinan antivirus “gratis” tersebut hanyalah samaran dari malware berbahaya yang bisa menyerang hp kalian.

Keberadaan malware pada ponsel pintar bisa menjadi bencana bagi pengguna ponsel. Karena jika hal ini terjadi bukan tidak mungkin file dan data kalian akan di ambil oleh orang yangg tidak bertanggung jawab.

Pencurian data yang bisa dilakukan oleh malware tentunya dapat membawa efek buruk bagi siapa pun. Oleh karena itu berbagai upaya perlu dilakukan untuk mencegah malware pada smartphone. Dengan melakukan beberapa tips di atas, pengguna smartphone dapat melakukan perlindungan pada smartphone dari malware.

Cukup sekian artikelnya semoga pembahasan tentang cara Mencegah Malware pada Smartphone dapat bermanfaat buat sahabat semua, dan jangan lupa untuk tetap dan selalu hati-hati dalam mengunduh dan menggunakan aplikasi dari pihak ketiga agar malware tidak menyusup masuk ke smartphone milik sahabat sekalian.
Share This Article :
sepwal

Suka Mempelajari hal baru, menulis, dan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan Dunia Teknologi

1946457701878001633