-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Tips Agar Data Pribadi Aman Saat Menggunakan Aplikasi Fintech

Sepwal.net - Dewasa ini Otoritas Jasa Keaungan atau OJK mencatat bahwa di Indonesia sudah terdaftar 133 Perusahaan fintech yang terdaftar dan berizin. Dengan banyaknya Perusahaan fintech tersebut juga, jumlah masayarakat yang paham akan fintech mengalami kenaikan.

Pada tahun tahun 2016 hingga 2018 saja kenaikannya sangat siknifikan mulai dari 26,34% menjadi 70,63% berdasarkan fintech report di tahun 2018. Dengan demikian, data tersebut menunjukan penetrasi Fintech Teknologi di Indonesia sangatlah tinggi.

Tips Agar Data Pribadi Aman Saat Menggunakan Aplikasi Fintech

Akan tetapi, tingginya perkembangan fintech tersebut menemukan tantangan baru baik itu masayarakat, pelaku bisnis dan pemerintah yakni kekhawatiran akan perlindungan data peribadi. Lalu bagaimana tips dan cara penggunaan aplikasi tersebut agar lebih aman?

Berikut ini tips yang bisa anda perhatikan saat memberikan data pribadi dalam platform fintech atau jasa pinjaman online;

Cara Supaya Data Pribadi Aman Saat Menggunakan Aplikasi Fintech

1. Pastikan platform tersebut sudah berizin dan terdaftar di OJK
Hal pertama yang harus anda perhatikan yakni mencari informasi lebih lanjut terlebih dahulu terkait dengan platform atau jasa pelayanan pinjaman online tersebut. Perhatikan kembali apakah perusahaan tersebut sudah terdaftar di OJK atau tidak.

2. Teliti mengenai izin aplikasi
Alangkah baiknya masayarakat juga lebih seksama dalam seluruh persetujuan serta data apa yang akan diakses aplikasi dari smartphone.

Baca dan pahami terlebih dahulu dari notifikasinya Jangan terlalu cepat mengklik "Allow" saat sebelum menggunakan aplikasi tersebut. Kenapa ? karena di jaman sekarang banyak pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang dapat mengakses seluruh data pribadi anda dengan sangat mudah. Karena kalian hanya mengikuti permintaan aplikasi tersebut agar proses cepat selesai, yang bisa berakibat sangat fatal pada data pribadi anda.

3. Aktifkan fitur keamanan di platform
Perlu juga kita perhatikan, salah satu platfom yang sudah memiliki ijin dan sudah terdaftar di OJK pasti memiliki keamanan yang berfungsi memberikan rasa aman kepada para penggunanya. Baik itu, gembok akun, mode privasi, blokir akun dan lain sebagainya. Pastikan anda sudah mengaktifkan fitur-fitur tersebut sebelum melakukan transaksi lebih lanjut. Untuk menjaga keamanan transaksi dan data kalian.

4. Donwload aplikasi dari sumber yang resmi
Pastikan anda men-donwload aplikasi dari sumber resmi. Jika anda menggunakan smartphone android, donwload dari Play Store sedangkan untuk pengguna iOS donwload di App Store. Kenapa demikian?

Karena, jika anda men-donwload aplikasi dari sumber yang tidak resmi akan berpotensi diakses oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Atau bahkan berisi malware.

Itulah beberapa hal yang perlu di perhatikan Agar Data Pribadi Aman Saat Menggunakan Aplikasi Fintech, Jadi Tetap berhati-hati dalam menggunakan aplikasi dan memahami notifikasi perstujuan aplikasi demi keamanan data kalian semua. Cukup sekian semoga bermanfaat buat kalian semua
Share This Article :
sepwal

Suka Mempelajari hal baru, menulis, dan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan Dunia Teknologi

1946457701878001633