-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Sejarah dan Perkembangan Teknologi Android

Sepwal.net - Anda yang menggunakan smartphone pasti mengetahui sistem operasi bernama Android, Android adalah sebuah sistem operasi berbasis Linux yang diterapkan pada perangkat – perangkat dengan layar sentuh seperti smartphone dan tablet yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari – hari.

Sejarah dan Perkembangan Teknologi Android

Walau terbiasa menggunakanya setiap hari, mungkin tidak sedikit dari anda yang belum mengetahui sejarah dan perkembangan dari sistem operasi Android ini. Bagi anda yang belum tahu, berikut kami jabarkan sejarah singkat tentang sistem Adroid.

Sejarah lahirnya Android
Android merupakan sistem operasi yang dirancang oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris, sistem operasi ini awalnya dirancang untuk kamera digital. Namun, mereka segera menyadari besarnya potensi alat komunikasi dan beralih pada smartphone.

Android akhirnya rilis pada tahun 2004 sebagai sistem operasi untuk smartphone, bersaing dengan symbian dan windows.

Menyadari potensi besar yang dimiliki oleh Android, perusahaan Google akhirnya memutuskan untuk mengakuisisi Android dan membuatnya menjadi aset mereka pada 2005. Android yang awalnya belum begitu dikenal, akhirnya naik daun dan menjadi populer karena adanya sokongan dari Google.

Selain itu, sistem operasi yang praktis dan efisien juga merupakan salah satu faktor mengapa sistem Android lebih banyak peminatnya.

Perkembangan Android
Layaknya sistem operasi lain, Android juga terus dikembangkan oleh Google. Versi awal dari Android dinamakan Astro, versi ini pertama kali rilis pada 2008. Setahun kemudian, mucul Android versi baru dengan nama Bender.

Baru pada tahun – tahun berikutnya, muncul Android – Android generasi baru yang ditambahkan nama – nama cemilan di belakangnya seperti Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sanwich, Jelly Bean, KitKat, Lollipop, Marshmallow, Nougat, Oreo, dan Pie.

Setiap versi merupakan upgrade dari versi sebelumnya sesuai urutan, tentunya versi yang paling baru merupakan yang paling canggih. Versi Android yang paling baru tidak lagi menggunakan nama cemilan seperti sebelumnya, Android versi baru ini disebut Android Q. Android Q punya banyak kelebihan seperti kontrol privasi yang lebih baik, panel notifikasi lebih canggih, sistem navigasi mirip iOS, Live Caption, peningkatan jaringan, dan masih banyak lagi.

Itulah informasi singkat terkait sejarah dan perkembangan sistem operasi Android yang perlu anda tahu, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. Sekian dan terima kasih.
Share This Article :
sepwal

Suka Mempelajari hal baru, menulis, dan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan Dunia Teknologi

1946457701878001633