-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Kemunculan Android Q atau Android 10 Serta Fitur Barunya

Sepwal.net - Android telah mengalami banyak perubahan dan perkembangan dari waktu ke waktu, bahkan setiap tahun selalu saja ada android tipe baru yang muncul. Setiap versi dari Android biasanya memiliki nama – nama yang merujuk pada camilan, seperti Cupcake, Donut, Ecalir, Froyo, Gingerbread, Lollipop dan sejenisnya.

Akan tetapi, Android dengan nama cemilan ini sepertinya akan diganti pada tahun 2019 ini. Pada tahun 2019, Google selaku pemilik Android telah meluncurkan Android tipe terbaru yang diberi nama Android Q.

Kemunculan Android Q atau Android 10 Serta Fitur Barunya

Pada sekitar bulan Agustus kemarin, Google sempat memberikan pengumuman bahwa mereka telah merilis sistem operasi Android terbaru mereka yang diberi nama Android Q. Kabar ini menjadi cukup menarik perhatian, bukan hanya karena fitur – fiturnya yang canggih, namun juga karena nama dari Android terbaru ini sendiri.

Jika biasanya Google mengunakana nama camilan untuk setiap versinya, kali ini Google malah mengunakan nama Android Q yang tidak ada berhubungan dengan camilan.

Memang menjadi hak Google untuk memberikan nama apapun pada Android versi terbarunya, baik itu nama makanan, hewan, atau tumbuhan sekalipun. Hanya saja, penggunaan nama camilan seperti Lollipop, Marshmallow, dan Jelly Bean sudah terlanjur melekat di hati para pengguna Android. Selain nama Q, ada juga kabar yang menyebutkan bahwa Andoid versi terbaru ini akan diberi nama Android 10. Nama Android 10 ini merujuk pada kode dari Android terbaru ini.

Terlepas dari masalah penamaannya yang tidak lagi menggunakan nama camilan, tentu ada fitur – fitur terbaru dari Android Q yang lebih penting untuk anda ketahui. Beberapa kelebihan dari Android Q ini antara lain: Mode gelap, Gesture Navigation yang lebih canggih, Akses internet yang lebih cepat dan mudah, Dynamic Depth, Mode Desktop, Native Scree Recordng, Sharing Shortcut, Live Caption, Digital Wellbeing, serta Pengelolaan dan pengaturan privasi yang lebih mudah.

Kita mungkin tidak tahu fitur apalagi yang akan disematkan Google pada Android versi seanjutnya, tapi yang jelas Android Q atau Android 10 ini sudah sangat canggih dan sangat membantu pekerjaan kita dalam kehidupan sehari – hari.

Fitur Baru Dari Android 10, Gebrakan Untuk Mempermudah Pengguna

Baru-baru ini Android baru saja merilis sistem operasi terbarunya yakni Android 10. Menariknya, sistem operasi terbaru kali ini tidak menggunakan nama makanan penutup seperti sistem operasi sebelumnya. Seperti yang diketahui, Android selalu memakai nama makanan penutup untuk penamaan sistem operasi yang dirilisnya.

Nama bukanlah satu-satunya hal yang menarik dari Android 10. Terdapat beberapa fitur baru dari Android 10 yang mempermudah penggunanya.

Dark Theme
Fitur baru yang diperkenalkan Android 10 adalah dark theme universal. Tema ini merupakan salah satu hal yang dinantikan oleh pengguna Android. Hal tersebut dikarenakan, dark theme lebih ramah untuk mata. Selain itu, dengan menggunakan tema ini, baterai smartphone akan jauh lebih hemat. Cara mengaktifkan dark theme ini yakni dengan masuk ke dalam menu setting kemudian tap display  dan nyalakan dark theme.


Undo Uninstall
Undo uninstall aplikasi adalah fitur baru dari Android 10 menarik selanjutnya. Ada kalanya pengguna melakukan kesalahan dan menguninstall aplikasi yang tidak diinginkannya. Dengan sistem terbaru ini, hal tersebut dapat dicegah dengan melakukan undo. Pembatalan uninstall dengan undo dapat dilakukan beberapa detik setelah pengguna melakukan uninstall.

QR CodeI Untuk WiFi
Sebelumnya jika seorang pengguna ingin mengunakan WiFi bersama, ia harus membagi password kepada pengguna lainnya. Hal ini tentu saja sangat tidak praktis dan menyusahkan. Oleh karena itulah Android 10 hadir memberikan sebuah gebrakan. Kini, berbagi kata sandi tidak perlu lagi dilakukan. Sebaliknya, WiFi dapat dibagikan kepada sesame pengguna dengan adanya QR code. Yang perlu dilakukan hanya menscan QR code tersebut.

Live Caption
Android tidak henti-hentinya melakukan inovasi guna mempermudah penggunanya. Android 10 sebagai sistem operasi terbaru menghadirkan fitur terbaru berupa live caption. Dengan fitur ini pengguna dapat menonton video meskipun tanpa suara. Fitur live caption ini mirip seperti subtitle pada aplikasi Youtube. Menariknya, fitur ini masih bisa aktif meski ponsel pintar tidak tersambung dengan internet.
Itulah beberapa fitur baru dari Android 10 yang sangat menarik. Dengan keberadaan fitur-fitur ini diharapkan pengguna akan lebih mudah dan nyaman dalam menggunakan smartphone. Android sebagai pengembang sistem operasi pada smartphone terus melakukan inovasi demi kenyamanan penggunanya.
Itulah sekilas gambaran tentang Android Q atau Android 10 yang perlu anda tahu. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Sekian dan terima kasih.

Share This Article :
sepwal

Suka Mempelajari hal baru, menulis, dan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan Dunia Teknologi

1946457701878001633