-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Masuk Safe Mode di Windows 10

Di era serba digital ini, perkembangan zaman semakin maju dan meningkat. Teknologi dan komunikasi juga semakin canggih dan mumpuni. Bahkan para software Laptop, PC dan perangkat lainnya dari masa ke masa semakin meningkatkan mutunya.





Kali ini Windows mengeluarkan seri barunya lagi dengan nama Windows 10.
Windows 10 sendiri ini, sistem operasi komputer pribadi sebagai bagian dari keluarga sistem operasi Windows NT.
Berikut kami paparkan 3 cara masuk ke safe mode di Windows 10. Mari kita lihat.

3 Cara Masuk Safe Mode Windows 10

Pertama kamu harus tahu apa itu safe mode. Safe mode adalah fitur dimana sistem operasi windows sering gunakan untuk melakukan troubleshooting jika terjadi masalah. Misalnya saja, program yang tidak berjalan normal hingga infeksi virus, biasanya di gunakan safe mode untuk memperbaikinya.

Di safe mode ini, Windows hanya akan memuat berbagai driver serta program yang penting saja selama proses startup. Nah, dengan begitu, berbagai pengaturan serta aplikasi yang bermasalah tak akan beroperasi dan kita bisa memperbaiki tanpa ada gangguan, deh.

Segera saja, yuk, kita ulas metode untuk masuk safe mode di Windows 10 ini.

Cara 1: System Configuration
Kamu hanya mengetik “msconfig” atau “system configuration” di Windows Search lalu tekan enter. Nantinya jendela system configuration akan muncul di layar komputermu.

Kamu pilih tab Boot, lalu ceklis opsi Safe Boot yang ada di bagian kiri bawah. Di bawahnya ada 4 macam metode safe boot yang bisa kamu pilih, yakni:

  1. Minimal, menjalankan safe mode dengan memuat driver dan service yang penting saja, tetapi tetap dalam Windows standar.
  2. AlternateShell: bagian ini tugasnya menjalankan mode safe dengan commandprompt tanpa Windows GUI. Nah, untuk menjalankan fitur ini dibutuhkan pengetahuan untuk menggunakan Windows tanpa bantuan mouse.
  3. Active Directory Repair: pilihan ini membuatmu menjalankan safe mode yang punya akses ke komponen komputer. Fitur ini cocok banget di gunakan ketika kita gagal menginstal hardware baru.
  4. Network: pilihan ini menjalankanmode safe dengan tambahan driver dan service yang digunakan untuk mengakses jaringan serta menggunakan tampilan Windows GUI standar.

Kamu bisa pilih dari ke empat fitur tambahan itu, lalu kamu klik “Apply” dan “OK”. Nantinya akan muncul pertanyaann apakah ingin restart sekarang atau tidak. Silahkan kamu lakukan restart untuk masuk ke safe mode tersebut.

Cara 2: Tombol F8
Cara kedua ini sangat umum, yaitu hanya dengan menekan tombol F8 di keyboard beberapa kali ketika proses booting untuk nantinya memilih jenis safe mode mana yang mau kamu gunakan.
Namun, sayangnya, Windows 10 meniadakan akses via tombol F8 ini dengan tujuan untuk mempercepat proses booting. Tapi, kamu bisa menggunakan trik khusus agar cara ini kembali bisa di gunakan di Windows 10.

Caranya, klik kanan tombol Start lalu pilih opsi Command Prompt (Admin). Klik tombol “Yes” kalau muncul peringatan dari User Account Control. Nah, setelah command prompt terbuka, kamu ketik:
bcedit /set {default}
bootmenupolicy legacy

selanjutnya silahkan tekan enter dan restart komputer anda. Nah, sekarang setiap kamu mau booting dapat menekan tombol F8 untuk masuk ke safe mode. Untuk menonaktifkan via F8 ini, kamu ulangi langkah di atas dan ketik:
bcedit /set {default}
bootmenupolicy standard

Selanjutnya, tekan enter dan tutup command prompt. Sekarang tombol F8 nya sudah nonaktif. Tapi, proses booting ke sistem operasi Windowsnya akan jadi lebih cepat.

Cara 3: Advanced Startup
Cara yang terakhir ini dengan masuk ke Advanced Startup di Windows 10. Caranya, klik tombol Start lalu pilih Settings. Di sana pilih Update & Security lalu pilih kolom Recovery. Pada bagian Advanced Startup silahkan kamu klik tombol “Restart Now”.

Komputermu akan masuk ke recovery mode. Di sana ada tiga opsi yang bisa kamu pilih, Continue, Troubleshoot, dan Turn Off your PC.
Kamu pilih Troubleshoot > Advanced Options hingga muncul berbagai macam pilihan.

Lalu, pilih startup settings lalu restart komputermu. Setelah melakukan restrat, kamu akan disuguhkan dengan berbagai macam pilihan startup termasuk safe mode. Pilihlah jenis safe mode yang kamu inginkan.


Selain cara di atas, kamu juga bisa masuk ke recovery mode dengan waktu singkat. Caranya, klik tombol start kemudian klik tombol power. Setelah itu, tekan dan tahan tombol shift lalu klik opsi restart. Komputer mu selanjutnya akan secara otomatis masuk ke recovery mode.

Nah, itulah 3 cara masuk ke safe mode di Windows 10. Mudah, bukan?
Dalam melakukan safe mode ini, pilihlah cara yang menurutmu singkat dan paling baik ya, demi menjaga komputermu. Selamat mencoba.




Share This Article :
sepwal

Suka Mempelajari hal baru, menulis, dan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan Dunia Teknologi

1946457701878001633