-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

5 Tanda Kuku yang Dapat Menggambarkan Penyakit Bersarang di Tubuh

Pernahkah kamu memperhatikan kuku yang ada di tanganmu, apakah terdapat perubahan warna atau warna kuku yang berbeda – beda. Jika saat kamu memperhatikan warna kuku kamu dan melihat ada perubahan pada kuku maka kamu harus waspada dan hati hati.

5 Tanda Kuku yang Dapat Menggambarkan Penyakit Berserang di Tubuh

 Sebab dari kuku kamu bisa mendapatkan banyak informasi mengenai kesehatan kamu loh.

Pada saat kuku mengalami perubahan warna atau kelainan bisa jadi kuku tekah terkena infeksi jamur atau pun terluka. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang bisa kamu lihat dari kondisi kuku mu.

Tanda Kuku yang Dapat Menggambarkan Penyakit Berserang di Tubuh

1.         Kuku Berubah Warna
Kuku yang berubah warna menjadi kuning biasanya disebabkan karena adanya infeksi jamur atau pun psoriaris kuku, namun ada juga beberapa penyebab lainnya yang membuat warna kuku berubah menjadi warna kuning.

Salah satunya adalah sering menggunakan cat kuku, limphoedema atau pembengkakan yang disebabkan oleh gangguan aliran getah bening kembali ke dalam darah, kerusakan permanen saluran udara yang disebabkan oleh bronkiektasis atau kondisi paru paru jangka panjang, sinusitis, peradangan kelenjar, tiroid, penyakit kuning hingga tuberculosis.

Selain dapat berubah menjadi warna kuning, kuku juga dapat berubah menjadi warna hijau kehitaman yang disebabkan oleh pertumbuhan bakteri yang biasa disebut dengan pseudomonas.

Warna kuku juga bisa berubah menjadi abu abu yang disebabkan oleh obat obatan seperti anti – malaria atau minocyline. Sedangkan kuku yang warnanya berubah menjadi warna coklat ini disebabkan oleh penyakit tiroid, kehamilan, kekurangan gizi, hingga gejala penggunaan cat kuku.

2.         Kuku Menjadi Rapuh       
Kuku juga dapat menjadi rapuh yang diakibatkan oleh paparan air yang secara terus menerus, kuku yang telah menua atau kuku yang terlalu sering terkena deterjen maka akan membuat kuku menjadi rapuh. 

Akan tetapi kuku yang disebabkan oleh infeksi jamur kuku, lichen planus atau penyakit kulit yang hanya tumbuh pada kuku dan juga dikarenakan terlalu banyak atau kekurangan tiroid, dan psoriasis kuku.

3.         Kuku Lepas
Jika dilihat secara umum kuku kali akan dapat lepas pada saat mengalami luka akan tetapu pada saat tidak pernah mengalami cedera kuku pun ternyata dapat terlepas juga loh, hal ini ternyata dapat diakibatkan oleh terlalu seringnya kuku melakukan manicure. 

Tak hanya itu saja kuku yang terlepas juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur yang ada pada kuku, psoriasis kuku, kebanyakan tiroid, sarkoidosis atau sebuah kondisi medis yang ditandai dengan terbentuknya gumpalan kecil dari sel-sel granuloma, sirkulasi yang buruk akibat merokok hingga alergi terhadap obat-obatan.

4.         Garis - Garis Hitam di Kuku
Tanpa kita sadari pada saat kulit kita menjadi sedikit gelap, maka garis garis hitam pada kuku menjadi salah satu hal yang cukup wajar namun berbeda dengan kamu yang memiliki kulit tidak gelap maka masalah ini mungkin akan menjadi lebih serius, karena garis hitam yang ada pada kuku menjadi pertanda kanker kulit yang terdapat pada bagian dalam kuku yang biasanya disebut dengan melanoma seubungual.

Pada umumnya kuku yang terjangkit hanya satu saja dan dapat menggelap dari waktu ke waktu.

5.         Kuku Putih
Pada saat sebagian kuku berubah menjadi putih dan mengeras hal ini mungkin diakibatkan oleh infeksi jamur kuku atau atau bisa juga diakibatkan dari turunnya suplai darah ke kuku. Kondisi ini biasanya akan ditandai dengan berubahnya warna kuku menjadi putih dengan lapisan tipis berwarna gelap.

Tanda tanda ini juga dapat menunjukkan beberapa gejala penyakit yang serius salah satunya seperti sirois hati, lever, gagal ginjal atau jantung, anemia, tiroid terlalu banyak dan efek dari kemoterapi.

Meskipun selama ini bentuk dan warna kuku jarang diperhatikan namun rupanya bentuk dan warna kuku yang berubah bisa menunjukkan kondisi kesehatan kita ya, maka jangan lagi mengabaikan perubahan bentuk dan warna kuku yang dialami.

Share This Article :
sepwal

Suka Mempelajari hal baru, menulis, dan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan Dunia Teknologi

1946457701878001633