Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trello, Aplikasi Kolaborasi Pekerjaan yang Friendly

Aplikasi Trello semakin banyak digunakan oleh para freelancer. Pasalnya, Trello dapat membantu kinerja baik individu maupun team dalam pengkoordinasian pekerjaan. Terlebih freelancer ini memang kebanyakan bekerja secara work from home.

Platform Trello memungkinkan antar freelancer dapat terhubung satu sama lain melalui internet tanpa penghalang jarak dan waktu. Sayangnya, masih ada yang belum mengetahui penggunaan dari aplikasi ini. Maka dari itu, kenali lebih jauh Trello, aplikasi kolaborasi pekerjaan dalam artikel ini.

Trello, Aplikasi Kolaborasi Pekerjaan yang Friendly

Apa itu Trello?

Kalau kamu sedang memegang dan mengatur proyek dalam satu wadah, Trello menjadi aplikasi yang pas untuk kamu gunakan. Dengan aplikasi ini, kamu bisa meningkatkan performa dari manajemen kerja.

Terlebih jika kamu memiliki banyak anggota, aplikasi ini menjadi media perantara agar setiap anggota dalam tim tidak ketinggalan info. Kamu bisa update pendistribusian pekerjaan, memantau pengerjaan, maupun melakukan evaluasi. 

Tampilan yang dinamis dan mudah dipahami membuat kamu mudah untuk mengatur segala hal yang berkaitan tentang proyek. Ada fitur menambahkan tugas, mengundang anggota, menyisipkan file, dan masih banyak lagi.

Bagaimana Cara Menggunakan Trello?

Cara penggunaan aplikasi Trello ini cukup mudah untuk dilakukan terutama pemula. Agar lebih jelas, berikut cara menggunakan trello dengan mudah.

1. Membentuk Kolaborasi Tim

Kamu perlu mengundang team yang bergabung dalam proyekmu ke aplikasi ini. Pengguna yang kamu undang harus memiliki aplikasi Trello terlebih dahulu. 

  • Klik ikon + yang berada di sebelah kanan dashboard
  • Pilih Create Team untuk menambahkan anggota
  • Input data berupa nama, jenis kelamin, serta deskripsi tentang anggota yang diundang
  • Pilih Continue, maka kamu akan diarahkan ke halaman yang dibuat.

2. Buat Boards untuk distribusi tugas dan proyek

Setelah semua anggota dimasukkan, kini saatnya membuat board untuk pendistribusian info terkait proyek yang sedang dikerjakan.

  • Klik Create a New Board yang ada di halaman tim kamu.
  • Buat pengaturan terkait nama board, tingkat privasi, gambar background, maupun foto board
  • Ubah settingan privasi menjadi team visible.
  • Board akan dilihat bersama oleh semua tim dan tidak dapat diakses oleh orang luar selain tim yang diundang.

3. Buat Daftar Tugas 

Langkah selanjutnya buatlah daftar tugas dari proyek yang sedang kamu kerjakan bersama tim. Caranya sangat mudah.

  • Klik menu Add to List  yang berada di bawah tulisan Board
  • Buat penamaan daftar dengan nama “New Job” , “In Progress” dan “Completed”

Dengan membuat daftar tugas, kamu dapat mengetahui progress dari proyek yang sedang dikerjakan oleh tim.

4. Tambah Fitur Cards

Dalam daftar yang dibuat, kamu bisa menambahkan fitur Cards yang digunakan untuk mengoptimalkan kinerja proyek yang berjalan. Fitur ini dapat digunakan untuk menambahkan anggota, menentukan dateline, menambahkan label atau checklist, memberi komentar, melampirkan catatan, hingga menampilkan riwayat aktivitas proyekmu.

  • Pilih Add to Card yang ada di daftar yang sebelumnya dibuat
  • Berilah nama sesuai jenis tugas  yang dikerjakan
  • Tekan tombol warna hijau Add to Card untuk menyimpan Cards yang kamu miliki.

Aplikasi Trello ini sangat bermanfaat untuk kamu gunakan dalam proyek berjalan. Tampilan yang friendly memudahkan pengguna untuk menggunakan fitur yang tersedia. Komunikasi juga akan terjalin dengan baik sebab notifikasi akan muncul secara real-time.

 Dalam pengiriman dokumen pun, anggota hanya perlu mengupload langsung pada card yang tersedia tanpa aplikasi tambahan. Namun, aplikasi ini membutuhkan internet karena digunakan secara online sehingga kurang stabil jika jaringan buruk.

Itulah cara menggunakan Trello, aplikasi kolaborasi pekerjaan yang dapat digunakan dengan mudah. Tingkatkan manajemen kerja proyekmu dengan aplikasi Trello. 

Posting Komentar untuk "Trello, Aplikasi Kolaborasi Pekerjaan yang Friendly"