Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Bing AI Untuk Bantu Jawab Beragam Pertanyaan

Sejak Februari 2023, Microsoft memperkenalkan Bing AI kepada pengguna internet sejagat raya. Namun, baru beberapa minggu ini Bing AI dapat digunakan oleh seluruh pengguna di dunia. Simak ulasan cara menggunakan Bing AI dan keunggulannya berikut ini.

Sekilas Tentang Bing AI

Bing AI sendiri merupakan program Artificial Intelligent atau kecerdasan buatan berbasis language model dalam bentuk chatbot. Secara fiturnya, Bing AI sama serperti ChatGPT buaan OpenAI yang sudah dikenal masyarakat terlebih dahulu.

Sama seperti ChatGPT, kamu bisa menggunakan Bing AI untuk mengajukan berbagai pertanyaan. Bot Bing AI akan menangapi chatmu dengan menjawab pertanyaan yang diajukan. Tampilan dan vibesnya seperti seolah-olah sedang berinteraksi dengan manusia.

Yang membedakan antara ChatGPT dan Bing AI adalah fitur khususnya. Bing Chat tidak berada dalam satu platform tersendiri layaknya ChatGPT. Microsoft membuat program Bing AI dengan pengintegrasian ke browser Microsoft Edge dan search engine Bing.

Sehingga, jika kamu ingin menggunakan Bing AI, maka kamu harus memiliki aplikasi Microsoft Edge atau Microsoft Bing di perangkat kamu.

Panduan Cara Menggunakan Bing AI 

Cara kerja Bing AI sendiri adalah dengan mencari konten yang relevan di website kemudian dirangkum serta disertakan beberapa sumber terkait. Bagi pengguna ponsel, kamu perlu mengunduh terlebih dahulu aplikasi Microsoft Bing. 

Sedangkan pengguna laptop dapat langsung mengakses https://www.bing.com/new melalui browser. Kemudian tekan pilihan ‘Open In Microsoft Edge’. Jika kamu memiliki software Microsoft Edge, kamu bisa membukanya langsung.

1. Menggunakan Bing AI di ponsel

  • Unduh Microsoft Bing melalui Appstore atau Playstore
  • Buka Microsoft Bing dan buat akun terlebih dahulu
  • Log In dengan akun yang sudah dibuat
  • Tekan tombol Bing AI yang terletak di tab menu aplikasi Micrsoft Bing
  • Tunggu hingga muncul tampilan chatbot
  • Tuliskan perintah atau pertanyaan yang kamu inginkan
  • Tunggulah beberapa saat Bing AI menjawab pertanyaanmu

2. Menggunakan Bing AI di perangkat laptop

  • Instal Microsoft Edge di laptop kamu
  • Buat akun terlebih dahulu, kemudian log in dengan akun yang sudah dibuat
  • Tekan tombol Bing AI yang terletak di tab menu aplikasi Micrsoft Edge
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul tampilan chatbot
  • Pada menu Chat, tuliskan pertanyaan yang kamu inginkan
  • Tunggu hingga Bing AI merespon pertanyaanmu
  • Pada menu Compose, kamu juga bisa Bing AI untuk membuat tulisan dengan topik maupun gaya tertentu untuk diunggah ke email, twitter, atau Facebook

Keunggulan Bing AI

1. Informasi terupdate

Jika kabarnya ChatGPT hanya dapat menampilkan informasi hingga tahun 2021, Bing Chat sudah menerapkan level lanjut. Bisa dikatakan, Bing Chat dapat memahami konteks terkini. Bing Chat  juga dapat melakukan penelusuran data di website kemudian dirangkum untuk disajikan ke pengguna.

2. Memberikan referensi

Berbeda dengan Chat GPT, Bing Chat dapat menampilkan secara langsung referensi situs yang digunakan sebagai sumber untuk menjawab pertanyaan pengguna. Ketika kamu mengetikkan sebuah pertanyaan, Bing Chat akan menjawabnya beserta sumber referensinya.

3. Menerjemahkan konten

Fitur ini berfungsi untuk mentranslate ke berbagai bahasa pada dokumen atau website yang sedang dibuka. Kamu juga bisa meminta Bing Chat untuk menerjemahkan sebagian saja

4. Merangkum Konten

Ketika kamu sedang membuka sebuah dokumen maupun website, Bing Chat dapat membantu kamu untu merangkum dokumen maupun halaman website yang sedang dibuka.

Itulah cara menggunakan Bing AI pada ponsel maupun laptop. Seiring canggihnya teknologi informasi, Bing hadir untuk membantu memudahkan manusia dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk " Cara Menggunakan Bing AI Untuk Bantu Jawab Beragam Pertanyaan"