Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Backsound Bisa Terkena Copyright?

 Apakah Backsound Bisa Terkena Copyright? Jawabannya bisa iya, bisa tidak. Tergantung backsound apa yang Anda gunakan. Apakah menggunakan musik yang dilindungi undang-undang, atau musik yang berlisensi Creative Common.

Jadi, jika teman teman menggunakan backsound yang dilindungi hak cipta dan tanpa izin dari pencipta atau pemegang hak cipta, maka orang tersebut dapat terkena tuntutan hukum karena telah melakukan pelanggaran hak cipta. 

Oleh karena itu, penting untuk selalu memastikan bahwa backsound yang digunakan bebas dari hak cipta atau mendapatkan izin dari pemegang hak cipta sebelum menggunakannya.

Hampir semua musik yang ada vokalnya, lekat akan copyright. Lebih kami rekomendasikan menggunakan instrumen saja, tapi tidak semua instrumen bebas copyright. 

Kerugian Video Terkena Pelanggaran Karena Lagu yang Berhak Cipta

  1. Video bisa ditakedown oleh YouTube atau dihapus dari YouTube
  2. Video dibatasi dan tidak bisa dilihat dari pengguna dari negara tertentu
  3. Video tidak dimonetisasi. Jika jumlah viewrsnya banyak, penghasilan akan dialihkan ke adsense pemilik lagu

Cara Mengatasi Video yang Terkena Pelanggaran Karena Lagu Copyright

Jika masalahnya adalah musik, cara mengatasi masalah ini sangat mudah. Anda tidak perlu repot-repot menghapus video lalu mengubah lagu yang bebas hak cipta, karena YouTube telah menyediakan fitur editing untuk mengganti lagu yang terkena hak cipta dengan backsound yang YouTube sediakan di platformnya. Backsound-backsound tersebut bebas hak cipta dan gratis digunakan.

Apabila Anda tidak tertarik mengganti lagunya, Anda bisa membisukannya saja. Pilih yang mana?

Cara Menggunakan Backsound Bebas Copyright di YouTube

Video tanpa backsound itu sepi sekali. Meniadakannya mungkin pilihan terbaik, tapi untuk kenyamanan penonton dan meningkatkan pengalaman menonton mereka, kita bisa menambahkan backsound-backsound yang tetap enak dinikmati tapi bebas hak cipta. 

Begini cara mendapatkan backsound-backsound tersebut:

1. Unduh Lagu di YouTube yang Bebas Hak Cipta

Caranya dengan masuk ke pencarian lalu cari video dengan mengetikkan kata kunci, "Song no Copyright". Unduh video tersebut lalu ubah menjadi lagu.

2. Unduh Video di YouTube Tanpa disertai Keterangan Lisensi Pada Deskripsi Video

Coba buka bagian deskripsi pada video yang akan Anda ambil lagunya, jika ada keterangan begini: Dengarkan musik bebas iklan dengan YouTube Premium Lagu NAVILLERA(너 그리고 나) Artis GFRIEND (여자친구) AlbumGFRIEND The 1st Album 'LOL'Dilisensikan ke YouTube olehKakao Entertainment. 

Anda jangan pernah pakai video yang menyertakan keterangan deskripsi seperti ini.

3. Jangan Unduh Video yang Tidak Bisa diunduh untuk ditonton Secara Offline

Berikutnya jangan pakai lagu di YouTube yang bagian unduhannya mati. Karena itu adalah lagu bercopyright.


sebagai Kesimpulan, backsound dapat terkena hak cipta atau copyright karena merupakan karya musik yang dilindungi hak eksklusif oleh pencipta atau pemegang hak cipta. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa backsound yang digunakan bebas dari hak cipta atau mendapatkan izin dari pemegang hak cipta sebelum menggunakannya. 

Meskipun ada beberapa jenis backsound yang dapat digunakan tanpa izin dari pemilik hak cipta untuk tujuan "penggunaan yang adil", batasan dan kriteria penggunaan yang adil bervariasi tergantung pada yurisdiksi dan negara yang berbeda.

Posting Komentar untuk " Apakah Backsound Bisa Terkena Copyright?"