-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Memasukkan Lagu di Video YouTube Tanpa Terkena Copyright

Cara Memasukkan Lagu di Video YouTube Tanpa Terkena Copyright - Anda tidak bisa memasukkan lagu-lagu yang sedang hits saat ini, karena 100% pasti akan kena copyright. Minimalnya, lagu yang bisa kita tambahkan ke YouTube adalah lagu-lagu yang hanya terdiri dari instrumen, tidak ada vokal. Meski begitu ada juga lagu-lagu instrumen yang memiliki copyright.

Lalu lagu seperti apa yang bebas copyright untuk video YouTube kita? Simak caranya sebagai berikut:

 


  1. Mengunduh Musik Tanpa Copyright

Cari musik yang jelas-jelas tidak ada copyrightnya. Ada beberapa cara mencari lagu seperti ini.

Anda bisa mengunduhnya lewat YouTube langsung. Ketikkan kata kunci ini, "Musik YouTube No Copyright". Setelah itu akan muncul daftar video yang menurut creator yang mengupload video itu aman dari copyright.

 

Selain cara itu, Anda bisa mengunduh musik tanpa copyright ini di website-website tertentu, misalnya:

     Epidemic Sound

     Moby Gratis

     CCMixter

     Bensound

     Incompetech

 

Dan sebagainya. Cari musik yang menurut Anda menarik. Tambahkan lagunya di video, kemudian upload di kanal YouTube Anda.

  1. Gunakan Musik yang YouTube Sediakan

YouTube menyediakan fitur editing simpel yang dapat dilakukan melalui tampilan YouTube dekstop. Bukalah situs YouTube.com dari PC Anda, kemudian upload video di sana. Gunakan fitur musik untuk memakai musik-musik aman dari hak cipta yang YouTube sediakan.

 

  1. Gunakan Durasi Musik yang Sangat Pendek

Anda ingin menambahkan musik pada video memakai lagu-lagu yang sedang trend dan jelas ada copyrightnya? Sebenarnya ada 1 cara menghindari copyright tersebut, yaitu dengan meminimalkan durasi audionya. Maksimal, kita hanya bisa memakai musik berdurasi 13 detik saja. Tapi hal itu masih rawan terkena copyright.

Ada baiknya tidak lebih dari 5 detik. Supaya aman, dan tidak ada resiko video kita diblokir oleh YouTube.

Selain dengan cara-cara di atas, kita bisa memanfaatkan software editing yang menyediakan berbagai pilihan musik sesuai kebutuhan. Ada juga efek-efek suara yang bisa ditambahkan ke video melalui software editing ini. Cara penggunaan software pun mudah, tapi sayangnya, dia tidak gratis. Harus bayar dulu supaya bisa memanfaatkan seluruh musik-musik no copyrightnya.

 

Share This Article :
Sepwal

1946457701878001633