-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Apakah Bahaya Menghapus Video YouTube yang Terkena Hak Cipta?

Apakah Bahaya Menghapus Video YouTube yang Terkena Hak Cipta?  Tidak bisa dikatakan bahaya, akan tetapi memiliki sisi kerugian bagi yang menghapus video yang terkena klaim hak cipta. Lalu apa hal yang rugi tersebut?

Sebenarnya menghapus video YouTube yang terkena hak cipta boleh-boleh saja dilakukan, tidak ada bahaya yang mengancam. 

Akun Youtube bisa saja dihapus, tapi ada tapinya. Akun YouTube Anda bisa dihapus apabila kalian terkena surat peringatan YouTube karena copyright sebanyak 3 kali. Tidak ada kaitannya, hapus video berhak cipta membuat akun YouTube dihapus.

Hanya saja, sisi rugi hapus video YouTube yang terkena hak cipta itu ada! Ada kerugiannya!



Yaitu, kalian tidak bisa melakukan banding, serta pemilik klaim hak cipta, tidak bisa mencabut video Anda dari pelanggaran hak cipta tersebut.

Pahami cara kerjanya. Klaim hak cipta itu bisa dicabut, caranya dengan mengirimkan email ke pemilik hak cipta, misalnya meminta maaf, atau permintaan izin hak cipta. 

Pemilik yang menerima email Anda memiliki keputusan penuh untuk mencabut klaim atau membiarkannya. Jika dia cabut klaim itu, Anda bisa bebas dari pelanggaran, tapi jika tidak dicabut, itu sepenuhnya kuasa dia.

Masalahnya, saat klaim itu dia cabut, dia butuh informasi dari pemilik channel YouTube itu yang mana. Dikarenakan kasus hak cipta begini dialami oleh banyak orang, bukan cuma satu atau dua. 

Saat video Anda yang terkena copyright dihapus, ini akan menyulitkan pencabutan karena pemilik klaim tidak tahu mana channel Anda. Takutnya malah cabut klaim hak cipta di orang lain, bukannya Anda

Hanya itu saja masalahnya. Selebihnya tidak ada masalah apa-apa menghapus video YouTube yang terkena hak cipta.

YouTube sendiri merekomendasikan untuk diam saja, tidak menghapus video karena bisa lebih mudah melakukan banding (apabila perlu), atau memperoleh keputusan terbaik dengan pemilik hak cipta. 

Namun dia tidak melarang untuk menghapus, hanya menyarankan lebih baik tidak dihapus. Jadi sekarang bagaimana keputusan Anda? Menghapusnya atau membiarkannya saja? 

Video yang terkena klaim sampai pada level mendapatkan pembatasan penayangan, biasanya cuma dibatasi YouTube agar tidak dilihat orang-orang, jadi bukan dihapus. Semoga kalian paham.

Share This Article :
Sepwal

1946457701878001633