-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Klaim Copyright di YouTube Terbaru

 Apabila di sini posisi Anda adalah melakukan pelanggaran hak cipta karena mengupload video orang lain, mengupload video musik milik orang lain, mengupload gambar milik orang lain yang memiliki copyright, maka hukumnya 100% tidak bisa diklaim hak ciptanya. Maksudnya, mau sebesar apapun usaha Anda, yang namanya karya orang lain, Anda tidak bisa mengklaim menjadi karya Anda.

 

Kecuali pemilik karya tersebut sudah mati 75 tahun yang lalu. Maka karya yang berhak cipta tersebut, bisa berganti menjadi domain publik dan bisa dipakai oleh orang-orang tanpa terkena hak cipta lagi.

 

Jadi, jika di sini kalian memang melakukan copyright pada lagu/video/gambar orang, maka akuilah itu! Tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk mengklaim hak cipta tersebut.

 Cara Klaim Copyright di YouTube Terbaru 2021



Beberapa Kegunaan Klaim Hak Cipta YouTube

Klaim hak cipta YouTube, hanya berguna bagi mereka yang karyanya dicopyright orang lain. Dengan memanfaatkan 'menyengketakan', Anda bisa menolak pelanggaran copyright yang dituduhkan kepada Anda. Itu kalau Anda tidak benar-benar mengcopyright karya orang lain, jika Anda benar-benar melakukan copyright, sudah tidak ada jalan untuk kalian.

 

Bagi pelaku copyright, mereka hanya diberikan pilihan ini, yaitu: meminta izin kepada pemilik karya supaya kita tetap bisa menayangkan video di channel kita.

Sebagian orang yang tidak setuju karyanya direupload ulang oleh orang lain, mereka akan menghapus video tersebut dari channel kita. Untuk menghindari penghapusan itu, kita bisa memanfaatkan klaim copyright untuk meminta izin supaya video tidak dihapus mereka. Tapi sebagai ganti video tidak dihapus, biasanya pemilik hak cipta ini akan mengambil penghasilan iklan kita.

Pilihan yang lain: kita bisa menghapus bagian yang terkena copyright. Misalnya kita terkena copyright lagu pada durasi tertentu di video kita. Sebagai solusinya, Ada bisa menghapus audio tersebut atau dengan membisikannya atau mengganti dengan audio yang lain.

 

Cara Melakukan Klaim Copyright Video YouTube

  1. Masuk ke YouTube Studio
  2. Kemudian di menu kiri, pilih 'Konten'
  3. Perhatikan kolom 'Pembatasan'. Di sana akan tampak video yang terkena label 'Klaim Hak Cipta'
  4. Klik 'Lihat Detail'
  5. Klik tanda panah ke bawah untuk melihat detail selengkapnya

 

Setelah sampai di sini, Anda bisa melakukan beberapa hal ini:

  •    Menghapus konten yang diklaim (membisukan audio, mengganti audio, menghapus durasi yang terkena hak cipta)
  •    Berbagi pendapatan adsense dengan pemilik hak cipta
  •  Menyengketakan klaim (bila Anda merasa tidak melanggar hak cipta apapun)
  • Tidak melakukan apa-apa (pasrah)
Share This Article :
Adelia

1946457701878001633