-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Upload Video Lirik Lagu Supaya Bisa dimonetisasi

Upload video lirik lagu di YouTube sudah pasti terkena copyright. Video ini bisa saja diblokir oleh YouTube, bisa juga tetap dipertahankan di YouTube hanya saja penghasilan Adsense diambil oleh pemilik lagu.

Meski begitu, ternyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan menghindari copyright pada video lirik lagu. Cara ini tidak 100% pasti berhasil, tapi hanya meminimalkan peluang dibanned saja.

Cara Upload Video Lirik Lagu Supaya Bisa dimonetisasi


Upload Lagu yang dicover Orang

Lagu yang dicover tidak memiliki copyright (sebagian), karena lagu itu diproduksi orang lain, memakai instrumen susunan sendiri, dan suaranya berbeda dengan lagu asli. 

Sebelum Anda mengambil video cover lagu seseorang, tetap biasakan meminta izin terlebih dahulu. Begitulah sopan santunnya.


Edit Lagu yang Akan digunakan

Beberapa editing yang bisa membantu, di antaranya dengan menambahkan efek EQ, reverb, atau membuatnya menjadi lebih slow daripada versi aslinya. Improvisasi lagu itu dengan mengubah bagian intro, melody dan outro. 

Biasanya para produser musik membuat producers tag di ketiga bagian itu. Coba manfaatkan beberapa software editing gratisan seperti Audacity, Fi Studio, dan sejenisnya. 


Upload Video Lirik Sebelum diberlakukannya Hak Cipta YouTube

Cara ini tidak bisa Anda lakukan. Ini hanya sebagai bentuk informasi saja. Jika Anda mengupload video lirik beberapa tahun yang lalu sebelum ada peraturan soal hak cipta, maka video lirik yang Anda upload bisa dimonetisasi dan aman untuk akun YouTube. Karena ia sudah lebih dulu ada sebelum peraturan YouTube diterapkan. Jadi statusnya aman-aman saja, meskipun sebenarnya tetap melanggar.


Meminta Izin Kepada Pemilik Lagu 

Cara ini bisa Anda lakukan agar video lirik kita tidak dihapus oleh pihak Google. Namun Saya tak yakin, penghasilan Adsense nanti bisa Anda nikmati.

Meski di luar sana ada banyak video lirik yang ada iklannya, itu bukan berarti mereka bisa menikmati penghasilan iklan. Kebanyakan kasus mereka hanya dapat subscriber saja, sementara uang Adsense didapat oleh pemilik lagu.

Selain cara di atas, Anda juga bisa mengupload video lirik yang aman dari copyright dengan mencari lagu yang tidak memiliki copyright. Namun itu sulit dilakukan. Jikapun memang ada, belum tentu juga video itu akan ditonton. Mengingat vifeo lirik paling laris ditonton adalah lagu yang sedang viral saat ini.

Share This Article :
Anonim

1946457701878001633