-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

6 Penyebab Kulit Kepala Terasa Gatal dan Cara Mengatasinya

Kulit kepala Anda terasa gatal? Perhatikan beberapa penyebab ini dan cara mengatasinya yang bisa Anda lalukan sendiri di rumah. Kalau menurut para ahli, kulit kepala yang gatal cara penangananya ini mudah. Simak beberapa informasinya berikut ini:

 Penyebab Kulit Kepala Terasa Gatal dan Cara Mengatasinya

1. Ketombe

Ketombe sendiri muncul dikarenakan beberapa hal, seperti kulit kepala yang berminyak,  kulit mati yang menumpuk, jamur, serta karena produk penataan rambut.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa melakukan keramas sambil memijat kulit kepala dengan lembut. Agar makin manjur, gunakan shampo yang memiliki kandungan asam salisilat.


2. Alergi

Ada sebuah bahan yang bisa memicu alergi, namanya adalah alergen. Bahan ini biasa terdapat di wewangian, atau zat pelembap yang disebut propilen glikol. 

Coba berhenti gunakan beberapa produk yang mengandung alergen. Bila gatal berhenti, sebaiknya Anda mengganti produk dengan yang lain.


3. Kutu Rambut

Cara mengetahui rambut Anda kutuan, coba lihat pada bagian pangkal rambut. Jika ada telur parasit di bagian sana, itu berarti rambut Anda memang kutuan.

Cara mengatasinya, cobalah gunakan permethrin atau obat untuk mengatasi infeksi parasit di kulit. 


4. Masalah Saraf

Jika kulit kepala Anda terasa gatal tanpa adanya ruam atau reaksi lainnya, bisa jadi itu tanda Anda mengalami masalah saraf sehingga membuat rambut terasa ingin terus digaruk. 

Jika benar begitu masalahnya, ini sudah menjadi tugas dokter ahli saraf. Dan tak bisa diatasi sendiri di rumah.


5. Psoriasis

Tanda Anda terkena penyakit ini, rambut akan muncul bercak bersisik di kulit kepala. Bercak tersebut terasa gatal, dan penyebabnya biasanya karena stres, cuaca dingin, kulit kepala kering, infeksi dan efek dari penggunaan obat-obat tertentu. 

Cara mengatasi Psoriasis bisa dengan menggunakan shampo tar batubara.


6. Keratosis Aktinik

Ini merupakan kondisi dimana kalian merasa kulit kepala menjadi kasar, menebal dan bersisik. Biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari yang kita alami selama bertahun-tahun. 

Segera cegah masalah ini dengan memakai tabir surya yang diformulasikan khusus untuk kulit kepala. Karena jika dibiarkan begitu saja, Keratosis Aktinik bisa berkembang menjadi kanker.

Jika masalahnya makin parah, segera bawa ke Dokter.

Share This Article :
Anonim

1946457701878001633