-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Tips Mendampingi Anak di Rumah dan Mendidiknya Selama Pandemi

Tips mendamping anak di rumah di masa pandemi ini sangat bermanfaat untuk kalian yang masih bingung tentang bagaimana cara berhadapan dengan anak yang 24 jam diam di rumah. Meski kita dari dulu sudah satu atap dengan anak kita kadang masih ada beberapa orang yang tidak tahu atau bingung bertindak mana yang 'terbaik'.

Selain itu, memanfaatkan waktu pandemi ini agar hubungan anak dan orang tua menjadi lebih erat menjadi waktu yang baik. 

Siapa tahu hubungan kalian dan anak kurang begitu erat, jadi manfaatkan waktu ini sebaik mungkin, jangan mengeluh karena harus berubah tugas dari yang seorang ibu, sekarang menjadi seorang ibu, teman main dan guru untuk anak-anak kita.

Nah Berikut mimin rangkum beberapa Cara Mendampingi Anak di Rumah dan Mendidiknya Selama Pandemi seperti yang telah dibahas Blogger Tuban , Jawa Timur

Tips Mendampingi Anak dan Mendidiknya di Masa Pandemi



1. Fokus Pada Keterampilan Utama Anak

Cara paling simple mendampingi anak di rumah adalah menuntun mereka menemukan keterampilan, menemukan bakat, atau hal-hal yang anak Anda sukai. Agar menjadi orang tua yang baik sebaiknya kalian tidak banyak mengatur anak. Apalagi jika sampai mendorong anak menguasai semua yang dipelajari di sekolah.

Kita yang tidak begitu tahu apa-apa soal bakat dan minat anak, cukup berikan saja mereka fasilitas yang mampu membuat mereka bisa berkembang. Seperti memfasilitasi video pembelajaran, peralatan alat tulis, barang-barang yang diperlukan, aplikasi untuk belajar dan lain-lain.

2. Menjaga Rutinitas Kegiatan Sehari-Hari

Ketika anak-anak diam di rumah, mereka akan kehilangan jadwal kegiatan sehari-hari mereka. Mereka tidak sekolah, tidak bermain dengan teman, bersosialisasi, tidak jalan-jalan. Sebelum menetapkan rutinitas apa saja, susun dulu jadwal kegiatan di rumah. Seperti menetapkan rutinitas bangun jam 6 pagi, sarapan jam 7, belajar dari jam setengah 8 hingga 10, bermain sebentar, menonton televisi, istirahat bobok siang, makan siang, belajar lagi, bermain, makan malam, tidur.

3. Menghindarkan Anak dari Berita-Berita Menakutkan di Luar Sana

Kita sebagai orang dewasa pasti merasakan ketakutan juga mengenai pandemi ini. Begitu pula dengan anak-anak. Tenangkan anak Anda, beritahu kalau masalah ini akan segera berlalu, sekalian ajarkan untuk hidup mengikuti protokol kesehatan. Menggunakan masker, rajin mencuci tangan, dan tidak menyentuh sembarang barang yang ada di tempat umum.


Tapi ada pula anak-anak yang belum cukup paham mengenai bahaya Corona. Maka dari itu, senantiasa ingatkan anak-anak, beritahu tanpa terkesan menakuti.


4. Selalu Berusaha Tidak Ketinggalan Pelajaran, Berita atau Tugas dari Sekolah

Tips mendampingi anak di rumah selanjutnya adalah berusaha tetap terhubung dengan sekolah. Sekolah tak akan tinggal diam dengan masalah ini, proses pembelajaran akan dipindah ke media digital. Sebagai orang tua Anda berkewajiban memfasilitasi, sekaligus terus menjaga relasi dengan guru-guru di sekolah.

karena anak masih kecil, mereka masih butuh bantuan dari para orang tua. Pastikan mereka tidak absen kelas, temani mereka dalam proses belajar, bantu jika mengalami kesulitan, serta memantau supaya anak-anak tidak menyalahgunakan teknologi saat itu.


5. Jangan Terlalu Keras Mendidik Anak, Nikmati Juga Waktu Keluarga Kalian

Seperti menonton televisi bersama anak, bermain bersama, memasak bersama anak, memainkan permainan unik, bernyanyi-nyanyi dengan anak, membuat lagu-lagu aneh, melihat foto-foto bersama anak, mengabadikan momen, bercerita, berdiskusi, mendengarkan cerita anak dan kegiatan menyenangkan lainnya. 

Manfaatkan waktu anak di rumah untuk mempererat hubungan kalian berdua. Meskipun ini akan menjadi masa-masa membingungkan untuk para orang tua, tapi sadar atau tidak, inilah waktu paling tepat melihat dimana minat anak Anda sesungguhnya dan melihat apa yang sebenarnya mereka butuhkan saat ini.

6. Buat Anak Tetap Sibuk di Rumah

Rasanya mungkin agak sulit, sebab diam di dalam rumah yang ruangannya terbatas pasti terasa membosankan. Tinggal kalian coba putar otak sendiri bagaimana cara supaya anak tetap memiliki kesibukan di rumah.


Anda dapat kembali pada poin kedua, membuat jadwal kegiatan untuk anak lalu membuat jadwal kegiatan itu sebagai rutinitas sehari-hari anak. Sebaiknya Anda cepat bertindak kalau anak-anak kerjanya malah malas-malasan, seharian bermain dengan HP atau televisi. Banyak pekerjaan yang bisa dilakukan tanpa gadget.


7. Manfaatkan Tempat-Tempat Belajar Online yang Ada

Hampir semua orang tua tidak memiliki ilmu cukup mengajar anak-anak mata pelajaran sekolah. Karena tak cukup tahu, manfaatkan apa yang tersedia di internet sebagai media balajar anak.

Contohnya belajar dari situs yang disediakan Kemendikbud, Ruang Guru, Zenius, Quipper Video, Rumah Belajar. Di situs tersebut menyediakan program pembelajaran untuk semua jenjang dari PAUD hingga SMA.


Pemerintah juga menyediakan tempat belajar lain, misalnya belajar lewat Televisi dengan mengikuti program yang TVRI sediakan.Manfaatkan peluang yang ada.

8. Tentukan Waktu Durasi Belajar Anak

Dalam sehari, perjanjiannya kalian akan belajar berapa lama? Apakah 3-4 jam? Atau lebih? Bicarakan kepada anak.

Di sini yang mengatur waktu belajar adalah kalian para orang tua. Biasanya karena yang mengatur orang tua sendiri, anak-anak pun banyak yang menjadi lembek lalu mengabaikan ketetapan yang sudah kalian buat.

Jadilah tegas. Buat peraturan waktu belajar setegas peraturan yang berlaku di sekolah anak-anak Anda. Setelah 3-4 jam belajar, barulah kalian bebaskan anak melakulan apa yang disukai, atau mengajak anak bermain bersama, membiarkan dia bermain sendiri, atau yang lain.

Itulah beberapa tips mendampingi anak di rumah saat masa pandemi ini. Jangan pernah menyerah, terus dampingi anak-anak kalian.


Share This Article :
Adelia

Click here for comments 16 Comments:

  1. Pokoknya diajak bergerak, tidak malas2an. Mengerjakan sesuatu yg bisa dikerjakan. Selain bermain dengan gadget, bisa bermain yg lebih edukatif

    BalasHapus
  2. Yang paling susah itu menjaga rutinitas, ya kak. Dan yang sulit itu nyuruh rutin mandi. Rasanya astagfirullah banget kalo udah nyuruh kegiatan yang satu ini

    BalasHapus
  3. no.6 , buat anak tetap sibuk dirumah penting banget nih biar anak ga jenuh dan berbuat aneh2 ya kak

    BalasHapus
  4. salah satu tips yang kulakukan juga sama mas sepwal, beberapa kali ikut kelas online agar anak ga jenuh hehe

    BalasHapus
  5. Anak itu memang sejatinya masih perlu bersosialisasi dengan teman-temannya. Semoga pandemi ini tidak membuat mereka cepat bosan ya

    BalasHapus
  6. saya yang ngurus ponakan sekolah online aja kadang keteteran haha. tugasnya buanyak dan masyaallah ada aja kadang yang bikin anak malas bangun pagi untuk sekolah. tapi memang sih tips-tips diatas perlu banget nih dicoba biar anak pun semangat sekolahnya.

    BalasHapus
  7. Penting jg ya menentukan durasi waktu belajar anak, supaya anak2 juga gak bosan belajar terus. Apalagi selama pandemi spt ini mereka diminta di rumah aja, pasti ada timbul rasa jenuh

    BalasHapus
  8. Harus sabar juga ya untuk mendampingi anak, durasi juga harus diperhatikan supaya si
    anak ga bosan, Tetapi tetap ya rutinitas sehari-hari dilakukan jangan mentang-mentang SFH malah santai.

    BalasHapus
  9. Sebaiknya emang durasi diperhatikan ya mas sepwal. Kadang saya suka lupa ini, sehingga anak menjadi bosan. Ya akhirnya saya ngomel deh..
    Oke, lain kali saya akan beri mereka jeda biar gak bosen saya dampingi belajar.

    BalasHapus
  10. Beneran deh kak saya benar-benar miris melihat orang tua yang begitu keras mengajari anak-anaknya. Bahkan sampai dengan pukulan, dengan hukuman yang sangat tidak Lu sebenarnya mengingat usia mereka masih sangat kecil. Tapi mungkin juga karena orang tuanya berharap anaknya bisa pintar. Bisa mengerjakan semua tugas dari guru.

    BalasHapus
  11. Terimakasih tips menariknya kak, yang jadi kendala itu ketika orang tua bekerja dua-duanya dan anak harus tinggal sendiri di rumah dengan nenek. Pulang kerja anak juga udah lelah mau belajar. Sejauh ini, les privat sih kak.

    BalasHapus
  12. Noted Mas. Saya masih harus bnayak belajar nih cara mendisik anak, yang terkadang masih terlalu keras buatnya

    BalasHapus
  13. belajar online itu benar-benar luar biasa banget Padang anaknya fokus ada aja alasannya tapi memang kita harus mencari cara agar anak tetap semangat meskipun di rumah aja dan tetap menikmati hidup

    BalasHapus
  14. Makasih mas infonya. Anak saya belum sekolah sih, tp ini penting banget buat persiapan nanti

    BalasHapus
  15. Perihal mengajar dan beraktivitas bersama anak dirumah selama pandemi... bukan perkara mudah... semoga kita dikuatkan sampai pandemi ini selesai

    BalasHapus
  16. Menarik nih tipsnya, jadi anak gak fokus ke gawai doang yang bakal merusak matanya

    BalasHapus
1946457701878001633