-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengusaha Pemula

Lapangan pekerjaan yang semakin sedikit memaksa lahirnya pengusaha-pengusaha baru. Banyak diantara para pengusaha baru tersebut yang meraup sukses. Namun tidak sedikit pula yang terseok-seok kesulitan menapaki kehidupan sebagai pengusaha. Bahkan tidak jarang ditemui pengusaha baru yang gulung tikar.
Pengusaha Pemula
Kesulitan yang dialami para pengusaha baru tersebut sering kali berasal dari kesalahan yang dilakukan oleh pengusaha baru tersebut. Nah, kira-kira apa saja kesalahan yang sering dilakukan pengusaha pemula? Berikut ulasannya.

Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengusaha Pemula
Perencanaan Bisnis yang Buruk. 
Sebelum memulai usaha, calon pengusaha sebaiknya melakukan perencanaan bisnis yang matang. Melakukan riset pasar untuk mengetahui selera konsumen adalah hal yang sangat penting dan krusial.

 Tidak hanya itu, perencanaan marketing, dan analisis mengenai kompetitor yang mungkin muncul harus dipikirkan dan direncanakan masak-masak.

Kesalahan yang sering kali dilakukan oleh pengusaha pemula yakni tidak mempunyai perencanaan bisnis sama sekali. Karena terlalu bersemangat memulai bisnis, pengusaha pemula langsung menerjang segala sesuatu sehingga kaget ketika ditempa masalah.

Jaringan atau Network kurang luas. 
Dalam melakukan sebuah usaha adanya koneksi atau jaringan memiliki peran yang cukup penting. Dengan jaringan yang luas, peluang untuk bertemu berbagai macam orang bahkan investor akan semakin meningkat. Sebaliknya jika jaringan terlalu sempit, pengusaha akan kesulitan dalam mengembangkan usahanya sehingga seringkali harus gulung tikar.

Mengerjakan Semuanya Sendirian.
Salah satu yang menjadikan pengusaha pemula menemui kegagalan adalah anggapan bahwa ia dapat melakukan segala hal sendiri. Pengurangan pengeluaran juga seringkali dijadikan alasan untuk mengerjakan segala hal sendirian.

Padahal setiap orang dianugerahi kemampuan dan potensi masing-masing. Tidak ada seseorang yang mampu mengerjakan segala hal sendirian. Jika Anda tengah berencana merintis bisnis pastikan Anda memiliki rekan yang dapat dipercaya dan bisa diajak bekerja sama sehingga bisnis Anda dapat berjalan baik.

Itulah tadi kesalahan-kesalahan yang acap kali dilakukan pengusaha pemula. Jika Anda tengah berencana merintis usaha baru, sebisa mungkin  hindarilah melakukan tigal hal tersebut. Dan yang paling penting dan harus diingat dalam merintis sebuah bisnis adalah jangan pernah menyerah.

Share This Article :
Nur

Suka Mempelajari Hal-Hal Baru, dan berbagi informasi

1946457701878001633