-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

4 Tips Aman Menggunakan Aplikasi Zoom Agar Terhindar dari Zoombombing dan Zoom Hacks

lPengguna aplikasi yang banyak orang pakai sebagai alternatif rapat jarak jauh ini mengalami kelonjakan yang begitu drastis semenjak pandemi Corona ini mendunia. Dari yang awalnya digunakan oleh 10 juta orang, sekarang telah digunakan oleh 200 juta orang lebih pada perangkat-perangkat PC, Android, iOS dan lainnya.


Namun sayangnya, di balik kesuksesan ini, muncul beberapa masalah mengenai keamanan data hingga hack-hack yang dilakukan oleh orang-orang tidak bertenggung jawab.

Apakah Zoom Aman untuk Media Meeting Online?

Ada yang merugikan dan ada yang sangat mengganggu. Seperti Zoombombing, munculnya perilaku mengganggu dimana pengguna menyiarkan konten pornografi, rasis, kata-kata kotor dan hal-hal memalukan lainnya yang muncul di tengah rapat.

Baca Juga : Aplikasi Belajar Online Gratis

Jadi, apakah itu berarti aplikasi Zoom tidak aman untuk digunakan?

llApakah dengan munculnya masalah-masalah itu sudah waktunya bagi kita meninggalkan Zoom dan beralih ke aplikasi lain?

Sebenarnya Anda bisa melakukan perlindungan diri secara mandiri. Tak perlu bergantung pada CEO Zoom, kita dapat melindungi data pribadi kita, dan terhindari dari hack-hack merugikan dengan melakukan hal-hal berikut ini.

Tips Aman Menggunakan Aplikasi Zoom

1. Jangan Asal Klik Tautan
Tautan merupakan strategi lama menyusupkan malware ke dalam perangkat komputer orang lain. Anda harus berhati-hati dengan berbagai tautan aneh yang dikirimkan kepada Anda.

Pada aplikasi Zoom sendiri, untuk mengundang orang   bergabung dalam room obrolan, kita harus mengirim tautan tersebut supaya diklik oleh orang bersangkutan. Agar prosesnya lebih aman, sebagai pengirim tautan, tambahkan pesan kecil yang membuat orang tersebut merasa lebih aman ketika mengekliknya nanti. Selain itu, jangan asal membagikan link tautan kepada orang-orang.

2. Gunakan Fitur Share Screen untuk Menghindari Zoombombing
Fitur ini harus dipegang oleh tuan rumah. Jangan biarkan siapapun membagikan layar, Anda dapat mengatur siapa yang boleh masuk ke dalam layar dan tidak. Fitur ini terletak di jendela aplikasi pengaturan Zoom. Jadi atur segera sebelum rapat Anda diZoombombing orang.

3. Aktifkan Fitur Waiting Room
Tips aman menggunakan aplikasi zoom berikutnya adalah mengaktifkan tool tersembunyi bernama Waiting Room atau ruang tunggu. Dengan fitur ini, Anda dapat melihat siapa saja peserta yang hadir dan mencegah tamu tidak diundang.

Untuk mengaktifkannya, Anda bisa membuka Account Management dan Pengaturan Akun, lalu scroll ke bawah dan aktifkan 'Waiting Room'.

4. Mengelola ID Kantor dengan Baik
Ada beberapa saran mengenai ID kantor yang baik dalam upaya menghindari penyalah gunaan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

Anda bisa menggunakan ID khusus yang hanya bisa digunakan dalam satu kali pertemuan, atau menyiapkan kata sandi kepada para peserta untuk memverifikasi entri mereka sebelum rapat.
Share This Article :
sepwal

Suka Mempelajari hal baru, menulis, dan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan Dunia Teknologi

1946457701878001633