-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

4 Golongan Orang yang Tidak Wajib Puasa Saat Bulan Ramadhan

Puasa - Islam adalah Agama yang mudah, tapi kemudahan itu jangan dipermudah. Islam selalu memberikan keringanan terhadap para pemeluknya. Mereka diperbolehkan tidak berpuasa pada keadaan-keadaan tertentu.
Orang yang Tidak Wajib Puasa Saat Bulan Ramadhan
Dan bagi kalian yang tidak merasa di posisi orang yang tidak diwajibkan puasa, tolong jalankan ibadah Puasa Anda secara full. Jangan sampai ada yang bolong.

Siapa Saja Orang Yang Tidak Wajib Puasa ? 
Berikut admin akan bagikan Orang yang Tidak Wajib Puasa

         4 Orang yang Tidak Wajib Puasa

1.    Orang Tua yang Sudah Renta
Mereka yang sudah berusia mendekati angka 100 tahun pasti sudah mengalami berbagai perubahan kekuatan hidup, seperti mulai pikun, badan menjadi lemah, mudah capek, kulit mengekriput, tulang tidak kuat dan lain-lain.

Mereka yang sudah renta serta tak berdaya seperti ini tidak diwajibkan untuk berpuasa. Tapi untuk keluarga orang tua tersebut, diwajibkan bagi mereka untuk membayar denda berupa makanan pokok berukuran 5 sampai 6 liter beras kepada fakir miskin.

2.    Musafir

Musafir atau orang yang sedang menempuh perjalan jauh tidak diwajibkan berpuasa. Syaratnya, perjalanan yang ditempuh oleh sang Musafir ini tujuannya adalah kebaikan serta jaraknya minimal 90 kilometer.

Baca Juga : Kesalahan Yang Sering Dilakukan Di bulan Ramadhan

Tapi sebenarnya jika keadaan sang Musafir dalam keadaan sehat, akan lebih baik kalau puasa itu tetap dijalankan.

3.    Ibu Hamil dan Menyusui
Orang yang tidak diwajibkan puasa selanjutnya adalah Ibu Hamil dan menyusui. Mereka diberikan keringanan jika tidak berpuasa pada bulan Ramadhan.

Sayangnya ada 2 pendapat berbeda mengenai hukum atau fidyah yang harus dibayar. Menurut Ibnu Hazm, Ibu hamil dan menyusui tidak wajib mengqadha puasa dan membayar fidyah dengan alasan tidak adanya dalil yang mewajibkan mengadha puasa dan membayar fidyah.

Sementara menurut Imam Ahmad, Ibu hamil dan menyusui wajib menqadha puasa dan membayar fidyah jika alasan tidak puasanya dikarenakan menjaga janin dan dirinya sendiri. Sama seperti orang yang khawatir kalau dirinya mengalami sakit.

4.    Orang Sakit
Orang sakit yang dibolehkan tidak puasa adalah orang yang sakitnya bisa membahayakan dirinya sendiri jika terus melanjutkan puasa. Yang takutnya malah menghambat penyembuhan. Ketika sudah sembuh nanti, orang yang sakit dan tidak berpuasa itu diwajibkan mengganti puasanya di hari yang lain sesuai dengan jumlah puasa yang ditinggalkan.

Selian itu, orang haid, nifas, orang yang sakit dan tidak ada harapan sembuh juga tidak diwajibkan puasa. Meski tidak diwajibkan, sebagian dari mereka haruslah mengqadha atau membayar fidyah.
Share This Article :
sepwal

Suka Mempelajari hal baru, menulis, dan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan Dunia Teknologi

1946457701878001633