-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Hemat Anak Kos Dalam Mengelolah Keuangan

Sepwal.net – kali ini admin akan berbagi seputar suka dan dukanya hidup di kos-kosan dalam mengelolah budget yang pas-pasan, yang pernah tinggal dikosan pasti sudah tau gimana rasanya Nasib anak kost di akhir bulan sama sungguh nelangsa, bila tidak pintar pintar mengatur keuangan selama sebulan.

Ingin berkerja bingung apa yang hendak dikerjakan. Tak tau harus memulai dari mana. Sementara kamu masih merencanakan hendak berkerja seperti apa agar sekiranya bisa mencukupi keperluan hidup kamu sehari-hari.
Cara Hemat Anak Kos Dalam Mengelolah Keuangan
Di bawah ini ada beberapa tips caranya mengelola keuangan. Agar tetap menyenangkan menjalani harimu tanpa takut serta cemas soal finansial di akhir bulan.

Cara Hidup Hemat Anak Kos Dalam Mengelolah Keuangan

Menulis Semua Anggaran
Menulis semua anggaran kebutuhan kamu selama satu bulan, tulis secara cermat dan teliti, tentang hal-hal apa saja yang kalian butuhkan selama sebulan. Jangan lupa Pisah dan bedakan mana yang mendesak tak dapat ditunda dengan yang masih bisa dibeli besok.

Namun Jika tidak begitu kamu perlukan alangkah baiknya kamu hilangkan dari daftar, apalagi bila uang kamu juga sangat terbatas yang diberikan oleh orang tua kalian. Ini perlu dilakukan supaya kamu tidak terjerat hutang nantinya, sehingga bisa merepotkan dirimu sendiri, bila tak punya tambahan penghasilan guna membayar utang.

Selain itu juga mengurangi  kegiatan hang-out bersama teman misalnya pergi ke mall atau nongkrong di kafe, di mana itu berpotensi kamu mengeluarkan uang lagi.

Memasak Sendiri
Memasak sendiri merupakan solusi yang sangat bagus untuk menghemat pengeluaran, kamu tahu jajan di warung itu sangat mahal. Minimal misalnya resep masak yang ringan seperti : mengoreng telur,  tempe dan tahu, membuat sayur asem atau sop, memasak orak-arik telur, sambal serta yang paling mudah membuat mie goreng dari mie telur, dapat kamu kuasai dengan baik.

Di samping dapat menghemat uang belanja, juga sehat untuk dikonsumsi sendiri sebab terjaga kebersihannya karena yang olah adalah kita sendiri.

Memanfaatkan Wifi Gratis
Saat mengerjakan tugas kuliah atau sekolah pastinya juga membutuhkan jaringan internet. Untuk mengurangi membeli kartu perdana atau paket internet, maka manfaatkanlah wifi gratis yang banyak tersedia di gedung sekolah atau kampus kalian, untuk mengerjakan tugas-tugas kalian.

Meminjam buku di perpustakaan kemudian memfotocopi dari pada harus membeli buku baru, mengakali dengan cara ini dapat pula kamu lakukan. Yang terpenting adalah  berhati-hatilah  dalam menggunakan uang, tetaplah terus berusaha mencari pekerjaan sampingan agar ringan beban hidup kalian berkurang selama merantau dalam menuntut pendidikan.

itulah sedikit ulasan mengenai Tiga Tips Hemat Anak Kos Dalam Mengelola Keuangan bagi kalian yang tinggal di kos-kosan. Oia admin juga salah satu alumni kos-kosan hehehe eee.. sampai sekarang masih ngekos.

semoga bermanfaat dan bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi dalam mengelolah keuangan anda biar bisa lebih hemat dalam mengelolah keuangan.
Share This Article :
sepwal

Suka Mempelajari hal baru, menulis, dan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan Dunia Teknologi

1946457701878001633