-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Pemerintah Buka 197.111 Formasi CPNS 2019, Cek Alokasinya

Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau yang lebih dikenal dengan Kemenpan - RB kini membuka lowongan sebanyak 197.111 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2019.

Dari total 197.111 yang disediakan oleh Kemenpan RB, formasi yang tersedia sebanyak 37.854 akan dialokasikan untuk kementerian dan lembaga yang berada di tingkat pusat. Dan ada sekitar 159.257 formasi akan didistribusikan untuk 467 pemerintah daerah.

Pemerintah Buka 197.111 Formasi CPNS 2019, Cek Alokasinya

Diharapkan pada bulan Oktober ini akan mulai diumumkan rencana pengadaan CPNS yang nantinya prosesnya akan mulai dilaksanakan pada bulan Desember 2019. Sementara itu pada tahun ini, formasi yang diprioritaskan merupakan tenaga kerja teknis yang mendukung pengembangan nasional utamanya guru dan tenaga kesehatan dan juga tenaga teknis yang lainnya. Yang diharapkan dapat mengembangkan SDM dan infrastruktur.

Sedangkan untuk kebutuhan daerah, pemerintah memastikan akan lebih mengutamakan guru dan juga tenaga kesehatan, karena pegawai kita sekarang ini masih didominasi oleh pegawai administrasi umum, maka dari itu hal ini akan diubah untuk memperbaiki komposisi pegawai di negeri ini.

Untuk seleksi CPNS pada tahun ini, pemerintah juga telah menyediakan kuota khusus formasi untuk pelamar penyandang disabilitas, cumlaude, diaspora hingga Putra Papua atau Papua Barat, meski untuk jumlah kuotanya belum dapat dipastikan secara khusus.

Untuk penerimaan CPNS 2019, para pelamar yang ikut pada seleksi CPNS 2018 dan lulus PI atau seleksi kompetensi dasar (SKD) namun tidak lulus menjadi PNS maka bisa menggunakan nilai yang lama dan dapat langsung mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).
Meski diberikan kesempatan untuk menggunakan nilai yang lama sehingga dapat langsung mengikuti SKB akan tetapi meski begitu bagi mereka yang ingin mengulang ikut seleksi SKD dapat kembali mengulangi seleksi dan diperbolehkan untuk menggunakan nilai yang lebih baik.

BKN sendiri menggandeng sejumlah instansi pusar serta daerah guna mendukung pelaksanaan seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil atau CPNS di tahun 2019. Paling tidak terdapat 108 titik lokasi pelaksanaan tes CPNS di seluruh Indonesia.

Seleksi lowongan CPNS direncanakan akan dibuka pada bulan Oktober ini dan telah menyiapkan 108 titik di seluruh wilayah Indonesia, hal ini disampaikan oleh Mohammad Ridwan yang merupakan Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN).
BKN sendiri memprediksi jumlah pelamar CPNS dan P3K yang berlangsung secara serentak di tahun 2019 ini, diperkirakan dapat mencapai angka hingga 5,5 juta orang. BKN juga mengungkapkan jika persiapakn pelaksanaan rekrutmen ASN dari aspek infrastruktur sekarang ini sudah dimatangkan, karena BKN sendiri merupakan instansi penyelenggaraan seleksi CPNS yang dilakukan secara nasional.

Infrastruktur yang disiapkan oleh BKN seperti sistem pendaftaran daring yang terintegrasi melalui portal Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN) serta penyiapan fasilitas seleksi melalui Computer Assisted Test (CAT BKN).

Share This Article :
sepwal

Suka Mempelajari hal baru, menulis, dan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan Dunia Teknologi

1946457701878001633