-->
NGp9MqJ8MaxdNGt6LWZdNGBaN6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Partisi Harddisk

Partisi Harddisk- oke sahabat Sepwal ! Selamat datang kembali di halaman ini. Buat kalian yang masih bingung gimana sih caranya membagi volume harddisk laptop kalian, yup kalian telah datang di tempat yang tepat.

Kali ini saya akan membagikan tentang cara partisi harddisk untuk laptop yang menggunakan windows 2007 dan windows 2010. So, perhatikan dan baca dengan seksama ya jangan sampai ada yang terlewat

Sebenarnya untuk cara partisi harddisk pada windows 2007 maupun windows 2010 hampir sama hanya sedikit perbedaan pada bagian awal dimana kalian perlu masuk ke dalam menu disk management.

Pada windows 2007 kita perlu masuk terlebih dahulu ke dalam menu Control Panel, kemudian pilih Security dan System dan pilih menu Administrative Tools.

Selanjutnya klik dua kali pada pilihan Computer Management dan pilih continue dan kemudian pilih Disk Management pada menu di sebelah kiri layar. Bagi yang menggunakan windows 2010 untuk masuk ke dalam menu Disk Management hanya perlu mengklik kanan logo windows di bawah kiri layar dan langsung pilih Disk Management.

Dalam melakukan partisi harddisk ada tiga pilihan yang dapat dilakukan, yaitu :

1. Mengecilkan ukuran partisi (shrink volume)
Cara untuk mengecilkan ukuran partisi hanya perlu klik kanan pada disk yang ingin dikecilkan volumenya. Misal disk C ingin dikecilkan maka klik kanan pada disk C kemudian pilih shrink volume, lalu masukkan besar volume yang ingin dikurangi (dalam MB) dan klik shrink/ok. Maka akan muncul unallocated space di daftar disk yang kita punya.

2. Membuat partisi baru (new simple volume)
Caranya hampir sama seperti tadi, yaitu dengan click kanan unallocated space yang tadi sudah kita buat dan pilih new simple volume, klik next, masukkan jumlah volume yang ingin kita buat (dalam MB), klik next, dan pilih drive letter sesuka kita (A-Z), klik next, dan rubah Label volume sesuai keinginan, klik next dan finish.

3. Menambahkan partisi (extend volume)
Selain membuat partisi baru, unallocated space tadi bisa kita gunakan untuk menambah partisi yang kita inginkan. Misal kita ingin menambah volume disk D, klik kanan pada Disk D, pilih extend volume dan masukkan jumlah volume yang kita ingin tambahkan. Jumlahnya terbatas pada jumlah unallocated space yang kita miliki. 

Klik next dan pilih finish. Maka volume disk D kita akan bertambah sesuai jumlah space yang kita tambahkan dari unallocated space yang kita punya.

Mungkin hanya seperti itu yang bisa saya sampaikan pada postingan kali ini. Harap berhati-hati saat ingin melakukan partisi disk terutama saat melakukan shrink volume jangan sampai melewati batas free space dari disk yang kita ingin kurangi karena akan membuat beberapa file terhapus. Terimakasih sudah menyimak dan Arrivederci!
Share This Article :
sepwal

Suka Mempelajari hal baru, menulis, dan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan Dunia Teknologi

1946457701878001633