Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengusaha Pemula

Kesalahan Pengusaha Pemula - Lapangan pekerjaan yang semakin sedikit memaksa lahirnya pengusaha-pengusaha baru. Banyak diantara para pengusaha baru tersebut yang meraup sukses. Namun tidak sedikit pula yang terseok-seok kesulitan menapaki kehidupan sebagai pengusaha pemula

3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengusaha Pemula

Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengusaha Pemula

Bahkan tidak jarang ditemui pengusaha baru yang gulung tikar. Kesulitan yang dialami para pengusaha baru tersebut sering kali berasal dari kesalahan yang dilakukan oleh pengusaha baru tersebut. Nah, kira-kira apa saja kesalahan yang sering dilakukan pengusaha pemula? Berikut ulasannya.

Perencanaan Bisnis yang Buruk

Sebelum memulai usaha, calon pengusaha sebaiknya melakukan perencanaan bisnis yang matang terlebih dahulu.

Melakukan riset pasar untuk mengetahui selera konsumen adalah hal yang sangat penting dan krusial. Tidak hanya itu, perencanaan marketing, dan analisis mengenai kompetitor yang mungkin muncul harus dipikirkan dan direncanakan masak-masak.

 Kesalahan yang sering kali dilakukan oleh pengusaha pemula yakni tidak mempunyai perencanaan bisnis sama sekali. Karena mungkin  terlalu bersemangat memulai bisnis, pengusaha pemula langsung menerjang segala sesuatu sehingga kaget ketika ditempa masalah.

Jaringan atau Network kurang luas

Dalam menjalankan sebuah usaha adanya koneksi atau jaringan memiliki peran yang cukup penting. Dengan jaringan yang luas, peluang untuk bertemu berbagai macam orang bahkan investor akan semakin mudah dan meningkat.   

Nah Sebaliknya jika jaringan terlalu sempit, pengusaha akan kesulitan dalam mengembangkan usahanya sehingga seringkali harus gulung tikar.

Mengerjakan Semuanya Sendirian

Salah satu yang menjadikan pengusaha pemula menemui kegagalan adalah dengan adanya anggapan bahwa ia dapat melakukan segala hal sendiri. Pengurangan pengeluaran juga seringkali dijadikan alasan utama untuk mengerjakan segala hal sendirian. 

Padahal setiap orang dianugerahi kemampuan dan potensi masing-masing yang berbeda-beda. Tidak ada seseorang yang mampu mengerjakan segala hal sendirian. Jika Anda tengah berencana merintis bisnis pastikan Anda memiliki rekan yang dapat dipercaya dan bisa diajak bekerja sama sehingga bisnis Anda dapat berjalan baik.

Itulah tadi beberapa kesalahan-kesalahan yang acap kali dilakukan pengusaha pemula. Jika Anda tengah berencana merintis usaha baru, sebisa mungkin  hindarilah melakukan tigal hal tersebut. Dan yang paling penting dan harus diingat dalam merintis sebuah bisnis adalah jangan pernah menyerah.
GST
GST Suka Mempelajari hal baru, menulis, dan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan Dunia Teknologi

1 komentar untuk "3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengusaha Pemula"