Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Malas Belajar yang Pasti Berhasil

Siapa yang tidak pernah merasakan malas saat belajar? Mustahil rasanya kalau ada yang tidak pernah merasakan malas sedikitpun.  Sebenarnya, rasa malas merupakan hal yang wajar. Hal ini menandakan bahwa tubuh kita juga memiliki hak untuk istirahat. Meskipun begitu, rasa malas tidak boleh dibiarkan. Sebab malas merupakan musuh terbesar dalam diri kita. Bersegeralah untuk mencari cara mengatasi malas belajar dengan mengganti hal yang lebih menyenangkan.

Cara Mengatasi Malas Belajar 

Banyak faktor yang mengundang rasa malas belajar, misalnya karena cara guru yang membosankan saat menerangkan, suasana kelas yang kurang kondusif, atau mungkin kondisi tubuh kita yang sedang tidak fit. Namun, apapun faktornya rasa malas harus segera diatasi. Berikut ini beberapa cara mengatasi malas belajar yang dapat kamu terapkan agar kamu lebih semangat.

1. Carilah Tempat yang Nyaman

Seringkali mood kita untuk belajar tiba-tiba hilang hanya karena tempat yang kurang nyaman. Seseorang akan betah berlama-lama melakukan aktivitas di tempat yang menurutnya nyaman. Kamu bisa memilih tempat yang bisa membuatmu nyaman ketika beraktivitas.

Perlu diingat, saat memilih tempat usahakan bukan tempat keramaian. Kamu akan lebih terdistraksi dengan kebisingan sehingga menambah ketidak fokusan. Pilihlah tempat yang tenang seperti perpustakaan, area taman yang tidak banyak lalu lalang, atau kamu bisa mencoba coworking.

2. Mengenali Tipe Belajarmu

Tipe belajar terbagi menjadi tiga yaitu auditori, visual, dan kinestetik. Kamu harus mengenali tipe belajarmu dari sekarang. Bisa jadi, karena yang kamu lakukan tidak sesuai tipe belajarmu, maka yang kamu pelajari pun akan sulit diterima. 

Dengan mengenali tipe belajarmu sendiri, kamu akan lebih mudah memahami apa yang akan kamu pelajari. Cara ini juga tentunya akan membantumu mengatasi rasa malas yang muncul. Kamu akan lebih termotivasi karena sudah menemukan gaya yang pas dalam belajar.

3. Mulai Susun Jadwal yang Jelas

Salah satu cara mengatasi malas belajar yang ampuh ialah dengan membuat jadwal belajar. Hal ini dilakukan agar lebih terencana. Kamu juga memiliki acuan waktu kapan harus mulai belajar dan kapan selesai belajar. Tapi ingat, jadwal yang dibuat harus dilaksanakan konsisten agar tujuanmu mengusir rasa malas dapat tercapai.

Membuat jadwal juga akan memudahkanmu mengatur kegiatan harianmu. Kamu bisa lakukan hal yang kamu sukai sebelum belajar, sehingga saat waktu belajar tiba pikiranmu sudah tidak terdistrak dengan hal-hal yang mengacaukan belajarmu. 

4. Self Reward

Tidak ada salahnya memberikan reward atas pencapaian diri sendiri. Self Reward sendiri dapat menjadi motivasi bagi diri kita agar lebih semangat melakukan hal yang sudah direncanakan sesuai target.Buat target dan kriteria yang jelas kapan kamu benar-benar berhasil mengusir rasa malas.

Ketahui apa yang kamu inginkan, dan jadikan sebagai reward ketika kamu berhasil mengusir rasa malas. Setelah reward sudah didapatkan, maka kembalilah untuk mulai semangat belajar lagi. 

5. Jauhkan gadget selama belajar

Pesona gadget memang lebih menarik dibandingkan buku. Terlebih bagi kamu yang sudah kecanduan gadget, cara ini bisa kamu coba terapkan selama belajar. Jauhkan gadget dan aktifkan mode diam. Hal ini bertujuan agar fokus dan perhatian pada buku tidak beralih ke gadget.

Nah, itu tadi 5 cara mengusir rasa malas yang hinggap atau bahkan bersarang di diri kita. Komitmen dan konsisten pada diri sendiri untuk melakukan hal-hal positif. Walaupun rasa malas memang sering kali datang, setidaknya sudah ada usaha yang dilakukan untuk mengusir rasa malas tersebut.


Posting Komentar untuk " Cara Mengatasi Malas Belajar yang Pasti Berhasil"