Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Metode Pembelajaran yang Menarik di Kelas

Melihat siswa antusias mengikuti pembelajaran, tentunya akan membuat seorang guru merasa senang. Ada beberapa faktor yang dapat memunculkan antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran. Salah satunya adalah metode pembelajaran yang menarik yang dibawakan oleh guru.

Dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, akan memancing siswa menjadi lebih tertarik dan nyaman dalam mengikuti pembelajaran hingga akhir. Namun, dalam pemilihan metode pembelajaran juga harus memperhatikan apakah metode tersebut efektif atau tidak ketika diimplementasikan.

Metode Pembelajaran yang Menarik untuk Siswa 

Merujuk pada kurikulum merdeka, metode pembelajaran yang semula cenderung bersifat kognitif kini diubah menjadi pembelajaran yang interaktif, esensial, namun sarat makna. Bagi Anda yang ingin membuat suasana kelas lebih hidup dengan Model pembelajaran yang menarik, yuk simak beberapa referensi yang dapat digunakan serta disesuaikan dengan materi pembelajaran.

1. Bermain Peran

Metode Pembelajaran yang menarik antusias siswa adalah Bermain Peran. Metode ini dapat dilakukan pada materi pembelajaran yang dirancang untuk menyelesaikan masalah, atau pada pembelajaran yang mengkreasikan peristiwa sejarah maupun aktual yang kemungkinan terjadi.

Pada metode ini, guru akan meminta siswa untuk membayangkan jika dirinya berada pada posisi tokoh yang akan diperankan. Hal ini dilakukan agar siswa tersebut dapat menghayati peran yang diberikan. 

Tujuan dari metode pembelajaran ini ialah agar siswa mampu menghargai perasaan orang lain, membagi tanggung jawab, serta mengambil keputusan bersama dalam kelompok. Metode ini juga merangsang siswa untuk ikut mencari pemecahan masalah dari kasus yang terjadi.

2. Games and Reward

Siapa yang tidak suka dengan permainan? Pastinya setiap anak sangat menyukai hal yang berkaitan dengan permainan. Pembelajaran yang dikemas dengan permainan akan memunculkan minat siswa dan juga jiwa kompetitif. Metode pembelajaran games juga akan menghilangkan kebosanan siswa pada suasana kelas. Tentunya games yang diberikan juga harus sesuai dengan konteks pembelajaran.

Banyak games yang dapat dilakukan seperti ular tangga, matching card, domino games, quiz, dan banyak lagi yang lainnya. Agar lebih menantang, berilah reward kepada siswa yang memenangkan gamesnya. Hal tersebut dilakukan agar siswa merasa usahanya di hargai.

3. Learning By Project

Metode lainnya yang dapat memacu antusias serta jiwa kompetitif siswa adalah learning by project. Metode pembelajaran ini sangat menantang bagi siswa. Biasanya, metode project ini membutuhkan waktu berkala dalam penyelesaiannya. Jika anda ingin memberikan project kepada siswa, berilah rentang waktu mulai dari perencanaan hingga penyelesaian.

Metode ini bertujuan agar siswa dapat berlatih melakukan perencanaan dengan matang melalui riset atau eksperimen, berlatih menemukan solusi pada permasalahan yang dihadapi, serta mengarahkan siswa untuk lebih berfikir kritis dan kreatif. 

4. Diskusi Berkelompok

Metode Diskusi ini menarik untuk diaplikasikan. Pada metode ini akan ada interaksi untuk saling tukar pendapat, pengalaman maupun informasi. Menariknya metode diskusi ialah mendorong siswa agar lebih aktif, saling membantu, serta saling menghargai perbedaan pendapat.

Biasanya, metode pembelajaran diskusi ini dilakukan pada materi pembelajaran yang bersifat studi kasus, sehingga mendorong siswa untuk berfikir kritis dan percaya diri dalam mengungkapkan pendapatnya di sebuah forum. 

5. Eksperimen

Metode pembelajaran eksperimen bertujuan untuk memberikan kesempatan siswa dalam melakukan proses percobaan. Sebelumnya, guru sudah memberikan instruksi, materi, maupun informasi yang jelas kepada siswa sebelum melakukan percobaan.

Metode ini dapat mendorong siswa agar lebih pecaya diri pada proses yang dilalui dan menggali apa yang didapat dari hasil percobaan dibandingkan dengan hanya menerima informasi dari guru, buku, maupun internet. Metode eksperimen akan memberikan tujuan serta manfaat bagi kehidupan siswa di masa mendatang.

Itulah 5 metode pembelajaran yang menarik  yang dapat anda lakukan untuk membuat suasana pembelajaran lebih hidup dan bermakna. Keberhasilan siswa dalam menerima pembelajaran terlihat pada antusias mereka selama mengikuti pembelajaran. Semoga Bermanfaat.

Posting Komentar untuk "5 Metode Pembelajaran yang Menarik di Kelas"